KONTEKS.CO.ID - Pemerintah semakin agresif mempromosikan pariwisata berbasis kesehatan dan kuliner tradisional.
Melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Indonesia memperkenalkan paket wisata wellness Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kepada pasar Amerika dan Eropa lewat program Familiarization Trip (Famtrip) bertajuk 'Journey of the Five Senses – Laku Rasa' yang digelar pada 25 November–2 Desember 2025.
Dorong Quality Tourism Melalui Wellness dan Gastronomi
Deputi Bidang Pemasaran Kemenpar, Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan bahwa program ini dirancang untuk menampilkan kekayaan tradisi kebugaran dan kuliner khas Solo dan Yogyakarta kepada mitra internasional yang berpengaruh di industri pariwisata global.
Baca Juga: Bawa-Bawa Nama Markas Liverpool, Menpar Siap Tancap Gas Genjot Pariwisata Olahraga
Made menegaskan bahwa wellness dan gastronomi telah menjadi segmen strategis dalam upaya memperkuat quality tourism, yang menekankan pengalaman wisata lebih berkelanjutan dan bernilai tinggi.
“Melalui Laku Rasa, kami tidak hanya memperkenalkan destinasi, tetapi juga menawarkan pengalaman mendalam yang menyehatkan jiwa dan raga, jauh melampaui perjalanan biasa. Terobosan ini akan memperkuat posisi Indonesia di kancah global melalui kampanye #GoBeyondOrdinary,” ujar Made, mengutip siaran pers Kemenpar, Selasa, 9 Desember 2025.
Rasakan Sensasi Kebugaran dan Kuliner Jawa
Famtrip ini diikuti agen perjalanan dan operator tur terkurasi dari Amerika dan Eropa. Selama program, peserta diajak menjelajah kuliner dan ritual kebugaran Jawa yang memadukan aroma, cita rasa, dan keseimbangan mental, sebuah pengalaman multisensori yang menjadi ciri khas budaya Jawa.
Melalui pendekatan ini, Kemenpar berharap peserta dapat merasakan langsung nilai autentik yang menjadi daya tarik wisata wellness dan gastronomi Indonesia.
Baca Juga: Rumah bagi 230 Juta Muslim, Menpar Widiyanti Targetkan Indonesia Jadi Pusat Wisata Halal Dunia
Buka Peluang Kolaborasi Wisata Premium
Asisten Deputi Pemasaran Pariwisata Mancanegara III Kemenpar, Wisnu Sindhutrisno, menambahkan bahwa interaksi langsung antara pelaku pariwisata lokal dan mitra global sangat penting untuk mengembangkan produk wisata premium.
“Program ini akan menginspirasi terciptanya paket-paket wisata yang lebih strategis dan inovatif. Kami yakin interaksi langsung antara mitra global dan pelaku lokal akan membuka peluang kolaborasi nyata, yang mampu menempatkan Wonderful Indonesia sebagai pemimpin wisata berkualitas di segmen wellness dan gastronomi dunia,” ucap Wisnu.
Dengan pelaksanaan Famtrip ini, pemerintah berharap pasar Amerika dan Eropa semakin mengenal dan mempromosikan kekayaan budaya Jawa sebagai destinasi wellness kelas dunia.***
Artikel Terkait
Kemenpar Luncurkan Halo Wonderful, Permudah Akses Pengaduan Pariwisata
Kemenpar Dorong Gorontalo Jadi Destinasi Wisata Ramah Muslim Melalui IMTI 2025
Kemenpar Bidik Wisatawan Tiongkok Melalui Wonderful Indonesia Business Matching
Bidik Wisatawan Amerika dan Eropa, Kemenpar Gelar Famtrip Raja Ampat 2025
Bidik Turis Australia, Kemenpar Gelar Famtrip Wisata Edukasi Jelajahi Borobudur hingga Bali