KONTEKS.CO.ID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memperkuat perannya sebagai mitra strategis pembangunan nasional melalui berbagai inisiatif yang berdampak nyata bagi rakyat, terutama saat pemperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2025. Semangat ini sejalan dengan tema "Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju" yang diusung pada peringatan kemerdekaan tahun ini.
Direktur Utama BRI Hery Gunardi mengungkapkan, semangat kemerdekaan yang dirayakan pada tahun 2025 menjadi momentum BRI untuk terus memperkuat kontribusi nyata kepada bangsa. BRI, kata Hery, percaya bahwa kedaulatan dan kemajuan Indonesia berawal dari kemandirian ekonomi rakyat.
"Dalam kaitan ekonomi kerakyatan, BRI hadir tidak hanya sebagai lembaga keuangan, tetapi juga sebagai mitra yang pro-aktif mendorong pemerataan kesejahteraan rakyat Indonesia utamanya melalui pemberdayaan UMKM," ujar Hery.
Hingga kini setidaknya ada delapan kontribusi nyata BRI untuk negeri:
1. Penyaluran Kredit UMKM Capai Rp1.137,84 Triliun
Per Juni 2025, penyaluran kredit BRI tumbuh 6,0% secara year on year menjadi Rp1.416,6 triliun. Dari total kredit yang disalurkan tersebut, segmen UMKM mengambil porsi 80,32% atau setara Rp1.137,84 triliun.
Di samping itu, BRI juga menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar di Indonesia dan berkontribusi langsung dalam memperluas kesempatan kerja serta mendorong pertumbuhan perekonomian grassroot.
Sepanjang Januari–Juni 2025, BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp83,88 triliun kepada 1,8 juta debitur, termasuk kepada pelaku UMKM yang terlibat dalam program sosial, seperti pemasok pada program Makan Bergizi Gratis di seluruh Indonesia. Dukungan ini turut memperkuat rantai pasok sekaligus menciptakan lapangan kerja yang lebih merata di berbagai daerah.
Baca Juga: Alokasi Anggaran IKN 2026 Lebih Tinggi dari Proyeksi 2025
2. Percepatan Inklusi Keuangan Melalui 1,22 Juta AgenBRILink
Hingga Juni 2025, AgenBRILink telah mencapai 1,22 juta yang tersebar di 67 ribu desa, selama 6 bulan agen-agen tersebut telah memproses 540 juta transaksi dengan volume mencapai Rp843 triliun. Di tengah upaya mendorong inklusi dan literasi keuangan nasional, jaringan AgenBRILink menjadi garda terdepan BRI dalam menghadirkan layanan perbankan hingga ke pelosok negeri.
Selain melalui jaringan agen, BRI tetap memberikan layanan luas melalui 7.422 kantor yang tersebar di seluruh Indonesia, memastikan setiap lapisan masyarakat mendapatkan kemudahan akses perbankan.
3. BRImo Digunakan oleh 42,7 Juta User
Per Juni 2025, jumlah pengguna BRImo meningkat 21,2% yoy menjadi 42,7 juta. Di bagian lain, volume transaksi BRImo naik 25,5% YoY, menjadi Rp3.231,7 triliun. Capaian ini menegaskan relevansi BRImo dalam memenuhi kebutuhan layanan perbankan digital masyarakat.
BRImo juga menjadi aplikasi mobile banking dengan rating tertinggi di antara bank konvensional di Indonesia, memperoleh skor 4,7 di Google Play maupun App Store. Penilaian positif ini mencerminkan tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan BRImo.
Artikel Terkait
Satu Dekade BRI Singapore Branch Dorong Konektivitas Ekonomi Indonesia di Jantung Keuangan Asia
BRI Buka BFLP 2025: Kesempatan Emas Jadi Pemimpin, Rekrutmen Penuh Inovasi! Ini Syaratnya
Kecantikan dan Fashion Strategis Gerakkan Ekonomi Masyarakat, BRI Dukung BFF 2025
Kisah Sukses UMKM Binaan BRI, dari Dapur Rumah ke Etalase Bandara
Promo Spesial HUT ke-80 RI, Ini Dia Deretan Tempat Wisata Jakarta yang Tawarkan Diskon hingga Tiket Gratis