nasional

TelkomGroup Bersama Pemerintah Percepat Pemulihan Layanan Pasca Bencana Sumatera

Selasa, 2 Desember 2025 | 15:28 WIB
Press Conference Rapat Koordinasi Penanganan Akses Telekomunikasi, hari Senin, 1 Desember 2025, di Medan.

KONTEKS.CO.ID - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus mempercepat upaya pemulihan jaringan telekomunikasi yang terdampak bencana banjir bandang dan longsor di wilayah Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. 

Bencana tersebut menyebabkan gangguan layanan yang signifikan pada sejumlah kawasan, sehingga membutuhkan langkah pemulihan cepat dan optimalisasi konektivitas darurat guna memastikan masyarakat di wilayah terdampak dapat tetap terkoneksi.

Hingga saat ini, layanan mobile broadband Telkomsel pada ketiga wilayah tersebut telah pulih 76,5%, sedangkan untuk layanan fixed broadband IndiHome mencapai 79,7% pemulihan. 

Baca Juga: 12 Kereta Jarak Jauh Wajib Singgah di Jatinegara saat Reuni 212, KAI Ubah Pola Lintas untuk Kurangi Kemacetan

TelkomGroup juga memastikan koordinasi intensif dengan BNPB, BPBD, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Pemerintah Daerah, serta berbagai instansi terkait untuk mempercepat normalisasi konektivitas di area prioritas.

Sebagai langkah penguatan layanan darurat, Telkom melalui PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) telah mengaktifkan tambahan backup unit layanan satelit Mangostar untuk mendukung konektivitas di 6 posko bencana yang tersebar di Aceh, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat. 

Penguatan unit layanan satelit difokuskan untuk mendukung aktivitas komunikasi tim teknis TelkomGroup, relawan, dan warga yang mengungsi di posko bencana. 

Pengoperasian satelit ini memperkuat penggunaan backup IP radio dan jalur alternatif lainnya yang telah lebih dulu diaktifkan sejak bencana terjadi.

Baca Juga: Kayu Gelondongan Terseret Banjir, DPR Ungkap Sinyal Bahaya dan Bakal Panggil Kemenhut

Menteri Komunikasi dan Digital Meutya Hafid menyampaikan bahwa pemerintah akan terus bersinergi dengan operator untuk melakukan percepatan penanganan konektivitas pasca bencana. 

“Fokus kami adalah memastikan akses telekomunikasi di seluruh wilayah terdampak segera pulih agar masyarakat dapat kembali berkomunikasi. Pemerintah juga optimistis layanan kembali normal dalam lima hari kedepan seiring dengan pemulihan listrik di wilayah terdampak,” ujar Meutya Hafid pada agenda Press Conference Rapat Koordinasi Penanganan Akses Telekomunikasi, hari Senin, 1 Desember 2025, di Medan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Dian Siswarini menegaskan upaya kolaborasi dengan pemerintah untuk mempercepat pemulihan layanan. 

“Di sejumlah daerah terdampak, tantangan utama kami adalah akses menuju lokasi dan masalah sumber daya listrik yang tidak stabil. Kerusakan pada jalur transmisi, terutama fiber optik, juga membuat proses perbaikan membutuhkan waktu dan upaya teknis tambahan,” ujar Dian.

Baca Juga: Prajogo Pangestu Kian Perkasa di Puncak, Forbes Rilis Daftar 10 Orang Terkaya Indonesia per Desember 2025

Halaman:

Tags

Terkini