• Senin, 22 Desember 2025

Bertemu Menteri Imipas, Seskab Teddy Minta 65 Ribu Pegawai Wujudkan Layanan Imigrasi Cepat dan Mudah

Photo Author
- Senin, 28 Juli 2025 | 09:50 WIB
Seskab Teddy Indra Wijaya bertemu Menteri Imipas Jenderal Pol Purn Agus Andrianto di Kantor Kementerian Imipas, Jakarta.  (Ist)
Seskab Teddy Indra Wijaya bertemu Menteri Imipas Jenderal Pol Purn Agus Andrianto di Kantor Kementerian Imipas, Jakarta. (Ist)

KONTEKS.CO.ID - Sekretaris Kabinet (Seskab) Teddy Indra Wijaya mendorong ribuan pegawai Imigrasi dan Pemasyarakatan (Imipas) memberikan pelayanan publik yang cepat dan tepat kepada masyarakat yang membutuhkan.

Permintaan itu disampaikan Teddy Indra Wijaya saat bertemu Menteri Imipas Jenderal Pol (Purn) Agus Andrianto di Kantor Kementerian Imipas, Jakarta, pada Jumat 25 Juli 2025. 

Pertemuan keduanya menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam memperkuat reformasi birokrasi. Dengan fokus utama memastikan pelayanan publik yang profesional, transparan, dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.

Baca Juga: Misteri Kematian Diplomat Kemlu ADP, Ponsel Masih Belum Ditemukan

Teddy menjelaskan, pertemuan yang berlangsung dalam suasana santai saat makan siang tersebut fokus pada program utama Kementerian Imipas. Salah satu topik yang digarisbawahi ialah pentingnya pelayanan publik cepat dan tepat.

"Dengan jumlah pegawai mencapai lebih dari 65 ribu orang di seluruh Indonesia, Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan terus berupaya membangun pelayanan imigrasi dan pemasyarakatan yang cepat, tepat, dan transparan, serta mudah diakses oleh masyarakat," kata Teddy dalam keterangan resminya di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Dikatakannya, skala sumber daya manusia yang besar menjadi modal penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima. 

Baca Juga: Jengkel Harun Masiku Tak Kunjung Ditangkap, MAKI Berencana Gugat KPK Lagi

"Ketersediaan lebih dari 65 ribu pegawai menjadi kekuatan untuk memperluas jangkauan layanan ke seluruh penjuru negeri," tambahnya.

Sebelumnya diketahui, Menteri Imipas Agus Andrianto dalam kesempatan berbeda, menyatakan terkait penyederhanaan layanan keimigrasian harus menjadi prioritas tanpa mengurangi kualitas dan kepastian hukum. 

Peningkatan pelayanan publik, lanjut Agus, merupakan bagian penting dari agenda reformasi birokrasi.

Baca Juga: Ada Sosok Mulyono Asli di Reuni Fakultas Kehutanan UGM, Dokter Tifa: Nama Aslinya Wakidi, Dia Calo Bus Terminal Tirtonadi Solo

"Pelayanan keimigrasian harus adaptif dan mudah sebagai wujud negara yang bersih dan terpercaya,” ujarnya saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Bandung, Jawa Barat, pada 18 Juli 2025.

Dalam kunjungan itu, Agus meninjau secara langsung proses layanan keimigrasian. Mulai dari penerbitan paspor hingga perpanjangan izin tinggal atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) untuk warga negara asing (WNA).

Ia juga menyempatkan diri menyapa pemohon layanan yang hadir di lokasi. Menteri Imapas ingin memastikan setiap masyarakat yang mengakses layanan mendapatkan kemudahan dan kepastian dalam pengurusan dokumen keimigrasian.

Baca Juga: Google Meet Hadirkan Fitur Terjemahan Real-Time, Percakapan Tanpa Batasan Bahasa dan No Jeda, Bisa 'Speak' Indonesia?

Selain berdialog dengan masyarakat, Agus ikut mengecek kelengkapan fasilitas pelayanan publik yang tersedia. Ia memastikan seluruh fasilitas sudah sesuai standar pelayanan yang ramah, nyaman, dan akuntabel bagi masyarakat. ***

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Iqbal Marsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X