KONTEKS.CO.ID - Keluhan terhadap sistem pembayaran TransJakarta kembali mencuat ke ruang publik.
Seorang penumpang mengaku saldo uang elektroniknya terpotong dua kali dalam satu perjalanan, saat tap in dan tap out.
Curhatan tersebut viral di Threads dan memicu gelombang keluhan serupa dari warganet.
Keluhan itu awalnya diunggah oleh akun @ismailsz_, yang mengungkapkan pengalamannya menggunakan layanan TransJakarta sejak sistem tarif baru diberlakukan, di mana pemotongan tarif dilakukan saat penumpang melakukan tap out di halte tujuan.
Ismail, penumpang yang bersangkutan, awalnya tidak menyadari adanya kejanggalan. Ia baru curiga ketika saldo uang elektroniknya cepat berkurang meski intensitas perjalanan relatif sama seperti biasanya.
Setelah mengecek riwayat transaksi, ia mendapati saldo terpotong saat tap in dan kembali terpotong saat tap out.
Pada Selasa, 16 Desember 2025, Ismail berangkat dari Halte Ragunan menuju Halte Bendungan Hilir.
Berdasarkan mutasi transaksi yang dilampirkannya, saldo e-money miliknya terpotong Rp3.500 saat tap in pukul 07.35 WIB.
Namun, setibanya di halte tujuan pada pukul 08.53 WIB, saldo kembali terpotong ketika melakukan tap out.
Baca Juga: Daftar Rute Transjakarta yang Terganggu Imbas Banjir Jakarta Hari Ini, Simak Perubahan Jalurnya!
Kejadian serupa kembali terulang saat perjalanan pulang di hari yang sama. Saldo Ismail kembali terdebet dua kali, masing-masing pada proses tap in dan tap out.
Artikel Terkait
Siap-Siap, Transjakarta akan Rekrut 1.000 Sopir Baru JakLingko
Naik Bus Transjakarta Kini Bisa Sistem Kredit, Warga Jakarta Makin Dimanjakan Fitur Baru Ini
Daftar Rute Transjakarta yang Terganggu Imbas Banjir Jakarta Hari Ini, Simak Perubahan Jalurnya!
Kecelakaan Maut, Pesepeda Karyawan BUMN Tewas Tabrak Bus Transjakarta yang Berhenti di Halte
Kronologi Pejabat SKK Migas Tewas Usai Tabrak Bus TransJakarta: Pagi yang Berubah Jadi Duka