KONTEKS.CO.ID - Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) ratusan karyawan di Tokopedia bikin publik heboh.
Setelah ramai diberitakan, TikTok akhirnya buka suara.
Perusahaan asal Tiongkok itu menegaskan bahwa langkah penyesuaian organisasi merupakan bagian dari strategi bisnis yang sudah terencana.
Baca Juga: Menko Airlangga Jawab Tuntutan KSPI soal Kenaikan 10,5 Persen Upah Buruh 2026
Juru bicara TikTok menjelaskan, perusahaan memang rutin mengevaluasi kebutuhan bisnis.
“Kami terus berinvestasi di Tokopedia dan Indonesia, sebagai bagian dari strategi kami untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Selasa 26 Agustus 2025.
Pernyataan ini muncul di tengah sorotan publik yang khawatir akan masa depan karyawan Tokopedia pasca merger dengan TikTok Shop.
Baca Juga: Catat Sejarah, Hanya 4 Tunggal Putra Ini yang Sukses Pertahankan Gelar Juara Dunia BWF
Ratusan Karyawan Terkena PHK
Berdasarkan informasi yang dihimpun, total sekitar 420 karyawan Tokopedia terdampak dalam dua bulan terakhir.
Pada Juli, sekitar 180 orang dipangkas, disusul lagi 240 karyawan pada Agustus ini.
Pemangkasan itu tidak hanya menyasar satu bagian, melainkan beberapa divisi penting.
Mulai dari teknologi informasi (IT), layanan pelanggan (customer care), hingga tim pemenuhan pesanan (fulfillment) dan gudang.
Kondisi ini tentu menjadi perhatian serius, mengingat Tokopedia merupakan salah satu pemain utama di industri e-commerce tanah air.
Artikel Terkait
Viral di TikTok, Ini 5 Kelemahan Honda ADV 160 yang Perlu Diketahui Calon Pembeli
S LINE Raih Best Music di Cannes, Drama Fantasi Ini Bikin TikTok Heboh
Shopee, Tokopedia, TikTok Shop Kompak Tambah Biaya Order: Seller UMKM Harus Siap-Siap Tekor?
Viral di TikTok! Fakta Mengejutkan di Balik Kisah Pelatih Orca Jessica Radcliffe yang Dikabarkan Tewas Dimangsa Paus Pembunuh
Tips Live Streaming di TikTok Biar Cuan dan Viral, Meski Followers Kamu Masih Sedikit Banget!
PHK Massal TikTok, 150 Moderator Konten di Berlin Digantikan AI
5 Wisata di Jawa Timur Paling Hits 2025, Viral di TikTok dan Jadi Incaran Traveler yang Cari Momen Instagramable