• Minggu, 21 Desember 2025

OCA AI Assistant Telkom Optimalkan Interaksi Pelaku Usaha dengan Pelanggan

Photo Author
- Senin, 17 November 2025 | 12:42 WIB
OCA AI Assistant Telkom hadirkan layanan pelanggan cepat dan responsif.
OCA AI Assistant Telkom hadirkan layanan pelanggan cepat dan responsif.

KONTEKS.CO.ID - Membangun interaksi yang aktif dengan pelanggan menjadi kunci sukses bagi setiap pelaku usaha. Melalui hubungan itu kebutuhan dapat dipahami, kepercayaan terbentuk, dan loyalitas tercipta. Hal ini yang mendorong lahirnya produk dan layanan yang lebih relevan dan berkelanjutan.

Untuk mewujudkannya, pelaku usaha dapat memanfaatkan berbagai saluran dan metode, mulai dari layanan pelanggan konvensional hingga digital.

Salah satu pendekatan yang semakin populer adalah penggunaan Omni Communication Assistant (OCA) yang dimiliki oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Baca Juga: Saut Situmorang Kritik Keras KPK: OTT Saja Nggak Cukup, Dulu Salah Ngomong Hampir Dipecat!

OCA memungkinkan interaksi yang lebih personal dan responsif dengan pelanggan melalui berbagai kanal sekaligus.

Terlebih, OCA telah menghadirkan OCA AI Assistant yang mampu berinteraksi dengan pelanggan secara realtime.

OCA AI Assistant dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dengan jelas dan cepat,  juga memberikan saran kepada pengguna dalam merespons pertanyaan yang lebih spesifik atau kompleks.

Pemanfaatan OCA AI Assistant mampu meningkatkan kecepatan layanan pelanggan yang berdampak positif terhadap pengalaman pelanggan.

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Indonesia ke Penang Masih Paling Banyak, Ini Catatannya

Hal ini karena pertanyaan-pertanyaan pelanggan dapat segera terjawab dengan sesuai tanpa menunggu respon manual yang dapat memakan waktu.

OCA AI Assistant juga membantu menghadirkan layanan 24/7 dan tanpa terbatas lokasi. Selain bermanfaat bagi pelanggan, OCA AI Assistantjuga mendukung kebutuhan internal pelaku usaha.

OCA AI Assistant dapat membantu menyederhanakan proses kerja harian, mempercepat pembelajaran anggota tim baru, menjadi referensi dalam pengambilan keputusan, serta menjaga konsistensi informasi sehingga seluruh tim memiliki pemahaman yang sama. Dengan demikian, operasional bisnis dapat berjalan lebih efisien dan selaras di setiap unit.

Baca Juga: Nanik: Danantara Siapkan Anggaran Rp20 Triliun Bangun Peternakan Ayam untuk Bahan Baku MBG

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Eko Priliawito

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X