KONTEKS.CO.ID - Pengguna motor matic, atau skutik, sering kali lupa soal oli.
Padahal, jenis oli yang digunakan di motor ini ada dua dan fungsinya beda total: oli mesin dan oli gardan.
Salah kaprah dalam merawat keduanya bisa bikin performa motor jeblok, bahkan bikin dompet jebol karena harus ganti komponen lebih cepat.
Baca Juga: Empat Debt Collector Tarik Paksa Motor Ojol di Beji Depok Berakhir di Sel
Kenapa Ada Dua Jenis Oli di Motor Matic?
Skutik dirancang dengan sistem transmisi otomatis yang berbeda dari motor manual.
Di dalamnya, oli mesin berfungsi melumasi seluruh bagian internal mesin.
Tujuannya sederhana tapi krusial: mencegah gesekan berlebihan antar komponen yang bisa memicu panas berlebih, keausan dini, bahkan kerusakan permanen.
Baca Juga: Beredar Kabar Irjen Karyoto Protes Diberi 'Jatah' Kabaharkam Bukan Kabareskrim, Ngamuk ke Kapolri
Sementara itu, oli gardan yang kadang disebut juga oli transmisi punya tugas lain.
Ia bekerja di bagian akhir transmisi, yaitu di gear reduksi. Oli ini melumasi gigi-gigi yang mentransfer putaran mesin ke roda belakang.
Selain itu, ia juga membantu mendinginkan area ini agar tidak cepat aus.
Baca Juga: Selidiki Korupsi Makanan Tambahan Bayi dan Bumil, KPK Ungkap Persoalan Utamanya
Yang penting dicatat: motor manual tidak pakai oli gardan.
Jadi, ini khusus buat kamu yang bawa matic.
Artikel Terkait
Laris Manis Tanpa Test Drive! SUV Hybrid BAIC Ini Jadi Rebutan Pengunjung GIIAS 2025
Tips Memilih Dashcam yang Cocok untuk Mobil: Jangan Salah Pilih!
Punya Deretan Catatan Minor BMW X3, tapi Tetap Dinobatkan sebagai SUV Favorit di GIIAS 2025
Rahasia Baterai Li-ion Mobil Listrik Awet, Simak Siklus Hidup dan Cara Merawatnya
Xi Jinping Mulai Khawatirkan Harga Mobil Listrik di China yang Kini Begitu Murah