KONTEKS.CO.ID – Pecco Bagnaia di MotoGP 2023 bakal menjalani misi pecahkan kutukan yang sudah bertahan 25 tahun lamanya. Simak selengkapnya di sini.
Pecco Bagnaia di MotoGP 2023 sudah dinanti sebuah rekor yang telah bertahan selama 25 tahun dan telah menghantui para pemakai motor nomor 1.
Mick Doohan adalah patokan untuk sang juara bertahan, saat Francesco ‘Pecco’ Bagnaia berharap untuk memecahkan rekor berusia 25 tahun di MotoGP.
Pada 6 November 2022, Francesco Bagnaia mengukir sejarah dengan memenangkan Kejuaraan Dunia MotoGP pada akhir musim di Valencia.
Setelah comeback luar biasa 91 poin melawan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), bintang Tim Ducati Lenovo itu membawa gelar kembali ke tim asal Borgo Paginale, Bologna, tersebut.
Bagnaia mengikuti jejak Casey Stoner, yang memikat dunia dalam perjalanannya menuju kejayaan pada MotoGP 2007.
Terlepas dari penampilan Stoner yang luar biasa di atas Desmosedici GP7 yang tak terlupakan, Legenda MotoGP Australia itu tidak dapat mempertahankan mahkotanya di tahun keduanya bersama pabrikan yang berbasis di Bologna itu.
The Kuri-kuri Boys – julukan Casey Stoner – finis kedua di belakang Valentino Rossi pada klasemen akhir MotoGP 2008.
Sekarang, Bagnaia menghadapi tantangan untuk melanjutkan kesuksesan Ducati, dalam kampanye di mana pabrikan Italia memiliki delapan motor di grid.
Tapi tantangan Pecco di MotoGP 2023 lebih dari itu. Untuk mencoba melampaui warisan Stoner dengan Bologna Bullet – julukan Ducati – pebalap kelahiran Turin itu menghadapi beberapa tantangan yang hanya beberapa orang terpilih yang cukup beruntung untuk menghadapinya.
Pertama, tidak ada yang pernah mencicipi kesuksesan Kejuaraan saat mengenakan pelat # 1 di motor mereka, sejak Juara lima kali Mick Doohan memenangkan gelar 500cc terakhirnya pada 1998.
Rekor khusus itu bisa dibilang telah bertahan selama seperempat abad. Tapi patut diingat bahwa Pecco memiliki kebiasaan untuk memecahkan rekor lama.
Seperti mengakhiri penantian panjang gelar juara dunia MotoGP selama satu dekade untuk melihat pelat #1 di grid sejak Stoner memakainya pada 2012 bersama Honda.
Bagnaia, sementara, pada gilirannya, menjadi pembalap keempat yang memakai motor nomor 1 di era MotoGP (4 Tak) setelah Nicky Hayden, Stoner, serta Jorge Lorenzo.