metro

Viral Penumpang TransJakarta Ngeluh Saldo Terpotong Dua Kali, Tap In–Tap Out Bikin e-Money Jebol

Rabu, 17 Desember 2025 | 14:50 WIB
Bus Transjakarta. (Instagram.com/buswayfansclub)

KONTEKS.CO.ID - Keluhan terhadap sistem pembayaran TransJakarta kembali mencuat ke ruang publik.

Seorang penumpang mengaku saldo uang elektroniknya terpotong dua kali dalam satu perjalanan, saat tap in dan tap out.

Curhatan tersebut viral di Threads dan memicu gelombang keluhan serupa dari warganet.

Keluhan itu awalnya diunggah oleh akun @ismailsz_, yang mengungkapkan pengalamannya menggunakan layanan TransJakarta sejak sistem tarif baru diberlakukan, di mana pemotongan tarif dilakukan saat penumpang melakukan tap out di halte tujuan.

Baca Juga: Pesepeda yang Tewas Tabrak Bus Transjakarta di Jakpus Ternyata VP Sekretaris SKK Migas Hudi Dananjoyo Suryodipuro  

Ismail, penumpang yang bersangkutan, awalnya tidak menyadari adanya kejanggalan. Ia baru curiga ketika saldo uang elektroniknya cepat berkurang meski intensitas perjalanan relatif sama seperti biasanya.

Setelah mengecek riwayat transaksi, ia mendapati saldo terpotong saat tap in dan kembali terpotong saat tap out.

Saldo penumpang TransJakarta terpotong dua kali saat tap in dan tap out (Foto: Threads)

Pada Selasa, 16 Desember 2025, Ismail berangkat dari Halte Ragunan menuju Halte Bendungan Hilir.

Berdasarkan mutasi transaksi yang dilampirkannya, saldo e-money miliknya terpotong Rp3.500 saat tap in pukul 07.35 WIB.

Namun, setibanya di halte tujuan pada pukul 08.53 WIB, saldo kembali terpotong ketika melakukan tap out.

Baca Juga: Daftar Rute Transjakarta yang Terganggu Imbas Banjir Jakarta Hari Ini, Simak Perubahan Jalurnya!

Kejadian serupa kembali terulang saat perjalanan pulang di hari yang sama. Saldo Ismail kembali terdebet dua kali, masing-masing pada proses tap in dan tap out.

Halaman:

Tags

Terkini