• Minggu, 21 Desember 2025

Cari Tahu Penyebab Air Menetes dari Ujung Knalpot Mobil, Bisa Fatal!

Photo Author
- Kamis, 23 Januari 2025 | 00:16 WIB
Penyebab Air Menetes dari Ujung Knalpot Mobil (Pixabay/knalpotdrg)
Penyebab Air Menetes dari Ujung Knalpot Mobil (Pixabay/knalpotdrg)

KONTEKS.CO.ID - Air yang menetes dari ujung knalpot mobil sering kali membuat pemilik kendaraan khawatir.

Meski begitu, kondisi ini tidak selalu menandakan adanya masalah serius. Dalam banyak kasus, air menetes dari ujung knalpot ini justru merupakan hal normal.

Namun, penting untuk memahami penyebabnya agar dapat membedakan antara kondisi yang wajar dan yang memerlukan perhatian lebih.

Baca Juga: Gaya Mahal Menpar Widi Wardhana, Gaya Khas Old Money di Segala Outfit

Penyebab utama air menetes dari knalpot mobil:

1. Kondensasi Akibat Proses Pembakaran

Saat mesin mobil dinyalakan, terutama di pagi hari, suhu mesin yang dingin dapat menyebabkan uap air dalam gas buang mengembun di dalam knalpot.

Proses ini menghasilkan tetesan air yang keluar dari ujung knalpot.

Baca Juga: Siap-Siap Malu! Kakorlantas Polri Perintahkan Tim Pembina Samsat Datangi Rumah Penunggak Pajak Kendaraan

Ini adalah fenomena normal, terutama pada mobil yang dilengkapi dengan catalytic converter, yang meningkatkan efisiensi pembakaran.

2. Reaksi Kimia pada Catalytic Konverter

Catalytic converter berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang dengan mengubah karbon monoksida dan hidrokarbon menjadi karbon dioksida dan uap air.

Uap air yang terbentuk ini terkadang dapat terlihat keluar dalam bentuk tetesan, terutama jika mobil baru saja dinyalakan atau suhu udara sekitar cukup dingin.

Baca Juga: Intip Spesifikasi 2 Sepeda Listrik Terbaik di Bulan Januari 2025

3. Kelembapan Udara yang Tinggi

Pada kondisi cuaca lembap atau hujan, udara yang masuk ke sistem pembakaran mengandung lebih banyak uap air. 

Uap ini ikut terbakar dan keluar bersama gas buang, sehingga menciptakan tetesan air di ujung knalpot.

4. Knalpot yang Rata atau Miring ke Bawah

Desain knalpot juga memengaruhi fenomena ini. Knalpot yang memiliki sudut miring ke bawah cenderung lebih mudah menampung air hasil kondensasi, yang kemudian keluar dalam bentuk tetesan.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Iqbal Marsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

China Perketat Aturan Gagang Pintu Kendaraan Listrik

Kamis, 18 Desember 2025 | 09:21 WIB
X