• Minggu, 21 Desember 2025

Live Sales Mewarnai GIIAS 2025, Strategi Baru Jangkau Konsumen Digital

Photo Author
- Selasa, 29 Juli 2025 | 21:15 WIB
Live Sales Mewarnai GIIAS 2025, Strategi Baru Jangkau Konsumen Digital (Pixabay/waseemali)
Live Sales Mewarnai GIIAS 2025, Strategi Baru Jangkau Konsumen Digital (Pixabay/waseemali)

 

KONTEKS.CO.ID - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 tak hanya menjadi panggung peluncuran mobil-mobil terbaru, tetapi juga menjadi ajang bagi pelaku industri untuk berinovasi dalam strategi pemasaran.

Salah satu tren menarik yang mencuri perhatian di ICE BSD City, Tangerang, adalah maraknya aktivitas live sales yang dilakukan langsung dari area pameran.

Live sales ini muncul sebagai respons terhadap perubahan perilaku konsumen yang semakin terbiasa dengan belanja daring dan konsumsi konten digital.

Baca Juga: Siswa Keracunan MBG Marak Lagi, BGN Diminta Supervisi Lapangan  

Para tenaga penjual dari berbagai merek mobil kini aktif melakukan siaran langsung melalui platform seperti TikTok, menghadirkan pengalaman interaktif secara real-time kepada calon pembeli di luar lokasi pameran.

Dalam sesi live, para sales menyampaikan berbagai informasi penting seperti spesifikasi produk, fitur unggulan, skema pembiayaan, hingga promo eksklusif yang hanya berlaku selama siaran berlangsung.

Interaksi dua arah pun tercipta, di mana penonton dapat bertanya langsung dan bahkan mengisi formulir pemesanan secara online.

Salah satu merek yang menerapkan strategi ini adalah BYD. Menurut perwakilan tenaga penjual BYD, setiap diler diwajibkan untuk melakukan live sekitar satu setengah jam melalui akun media sosial masing-masing.

Baca Juga: Danantara Tunjuk Satu BUMN Jadi Holding Investasi, Sudah Ada Direksi Hingga Komisaris, Segera Diumumkan Resmi Tahun Ini

“Yang nonton kebanyakan dari luar kota atau mereka yang tidak bisa datang langsung ke GIIAS. Di live itu mereka bisa isi formulir, nanti akan dihubungi oleh sales,” ungkapnya, Senin 28 Juli 2025.

Pendekatan serupa juga dilakukan oleh Chery, yang secara konsisten menghadirkan siaran langsung setiap hari nya.

“Setiap diler wajib ada perwakilan sales yang live. Penjualan lumayan naik. Saya sering dapat pembeli dari TikTok. Mereka tinggal isi formulir, saya follow up, kalau cocok ya langsung beli,” kata salah satu tenaga penjual Chery.

Strategi live sales terbukti efektif menjangkau calon pembeli dari luar wilayah Jabodetabek yang tidak dapat hadir secara langsung ke pameran.

Bahkan, tak sedikit transaksi atau pembayaran booking fee terjadi selama sesi live berlangsung.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Eko Priliawito

Tags

Artikel Terkait

Terkini

China Perketat Aturan Gagang Pintu Kendaraan Listrik

Kamis, 18 Desember 2025 | 09:21 WIB
X