KONTEKS.CO.ID - Layanan mobile banking (m-banking) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan aplikasi bank digitalnya, blu by BCA Digital, dilaporkan mengalami gangguan massal pada Senin pagi, 29 September 2025.
Akibatnya, jutaan nasabah di seluruh Indonesia mengeluhkan tidak dapat melakukan berbagai transaksi esensial, mulai dari transfer, cek saldo, hingga sekadar masuk (login) ke dalam aplikasi.
Berdasarkan pantauan dari media sosial X (sebelumnya Twitter), keluhan mulai membanjiri lini masa sejak sekitar pukul 07.00 WIB.
Baca Juga: IRC for Reform Minta Prabowo Segera Reformasi dan Akhiri Dwifungsi Polri
Banyak pengguna melaporkan munculnya notifikasi error saat mencoba mengakses aplikasi M-BCA.
Keluhan yang paling umum adalah kegagalan login, tidak bisa melihat mutasi rekening, dan transaksi transfer yang gagal diproses.
"Dari jam 7 pagi coba transfer buat bayar ojek online nggak bisa-bisa. Cek saldo aja muter terus, akhirnya gagal. Ada apa ini @HaloBCA?" tulis salah seorang warganet.
Kondisi serupa juga dialami oleh para pengguna blu by BCA Digital. Mereka melaporkan aplikasi tidak dapat diakses dan seluruh aktivitas perbankan digital mereka terhenti.
Hal ini sontak menghambat aktivitas nasabah, terutama di awal pekan yang merupakan waktu krusial untuk berbagai kebutuhan transaksi.
Konfirmasi dan Penanganan dari Pihak BCA
Menanggapi derasnya laporan yang masuk, pihak BCA melalui akun X resminya, @HaloBCA, dengan cepat mengonfirmasi adanya kendala pada sistem mereka.
Baca Juga: Pimpin Rapat di Kertanegara, Prabowo Ingin Program MBG Berjalan Baik dan Tepat Sasaran
Pihak bank memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan menyatakan bahwa masalah tersebut sedang dalam penanganan tim teknis.
"Mohon maaf atas ketidaknyamanan dan kendala yang Bapak/Ibu Pelanggan alami. Saat ini terdapat kendala, untuk kendala tersebut saat ini masih dalam penanganan analis BCA. Mohon kesediaan Bapak/Ibu dapat menunggu dan dapat mencoba kembali secara berkala," demikian cuitan dari akun @HaloBCA, yang dikutip pada pukul 07.50 WIB.