• Senin, 22 Desember 2025

3 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Penyampaian Feedback Komunikasi

Photo Author
- Kamis, 8 Agustus 2024 | 01:15 WIB
Ada sejumlah hal perlu komunikan perhatikan saat menyiapkan feedback dari komunikator. Foto: Bespoke Coaching
Ada sejumlah hal perlu komunikan perhatikan saat menyiapkan feedback dari komunikator. Foto: Bespoke Coaching




KONTEKS.CO.ID - Feedback adalah suatu tanggapan yang seorang komunikan atau seorang penerima pesan berikan.


Ini terberikan ketika seorang komunikator atau pemberi pesan menyampaikan pesannya tersebut secara langsung kepada komunikan.





Tedapat beberapa hal yang harus terperhatikan dalam penyampaian feedback yang terdiri atas tiga poin penting. Yakni:





1. Feedback Mampu mengontrol emosi





Dalam memberikan feedback kita harus menghindari memberikan feedback saat kita sedang marah atau saat kita sedang emosi.





Karena apabila kita tidak bisa mengontol diri untuk menahan hal tersebut dan memberikan feedback maka bisa jadi feedback tersebut dapat disalah artikan.





2. Fokus mengenai perilaku kerja





Kita harus mengingat lebih baik bahwa memberikan suatu masukan adalah salah satu cara untuk mengurangi kebiasaan perilaku yang akanmenghambat kinerja pekerjaan seorang komunikator tersebut.





Namun apabila komunikator terserang secara individu maka mereka akan bersifat defensif. Dan akan menghilangkan kesempatan untuk berdiskusi yang bersifat sehat dengan atasannya.





3. Menyampaikan masukan secara spesifik





Menyampaikan feedback yang membangun harus terlakukan dengan cara yang sangat efektif. Selain itu juga harus bisa tersampaikan dengan cara yang spesifik dan tentunya tepat sasaran.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Firman Ramadhan

Tags

Terkini

X