KONTEKS.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunjukkan fungsinya sebagai penyedia layanan transportasi massal yang aman dengan tarif terjangkau di Pulau Sumatera.
Salah satu utama ikon PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Pulau Sumatera adalah KA Rajabasa. KA tersebut melayani relasi Tanjungkarang-Kertapati (PP) dengan jarak tempuh 388 km.
Jarak tempuhnya menjadikan KA Rajabasa sebagai kereta api penumpang dengan rute terpanjang se-Pulau Sumatera.
Baca Juga: Momen Menggemaskan Saat Bocah di Rusia Minta Lego ke Presiden Prabowo
Meskipun memiliki tempuh yang sangat jauh, tarifnya sangat ekonomis. Yakni, mulai Rp29.000 hingga Rp32.000.
Selama ini, KA itu menjadi favorit masyarakat dalam menjangkau lintas provinsi Sumatera Selatan dan Lampung. Layanan relasinya mencatatkan pertumbuhan volume pelanggan yang konsisten.
Tahun 2023 jumlah penumpangnya sebanyak 571.752 pelanggan. Lalu naik 10,01% pada 2023 menjadi 629.050 pelanggan. Sedangkan sepanjang Januari–Mei 2025 jumlah penumpangnya sebanyak 254.180 orang.
Baca Juga: KPK Mulai Garap Kasus Dugaan Korupsi Pembagian Kuota Haji
Vice President Public Relations KAI Anne Purba, mengatakan, keberadaan KA Rajabasa menjadi jalan keluar dalam mobilitas harian, perjalanan bisnis, hingga wisata.
"Rajabasa hadir sebagai penghubung strategis lintas provinsi yang diandalkan masyarakat. Selain tarifnya terjangkau, layanan juga menopang roda perekonomian dan aktivitas sosial warga di Sumatera bagian selatan," tambah Anne.
Selain itu, sebut dia, di wilayah KAI Divisi Regional III Palembang juga terdapat KA Bukit Serelo yang melayani relasi Kertapati – Lubuklinggau pp.
Baca Juga: FBI Tawarkan US$15 Juta untuk Pencarian Baoxia Liu, Selundupkan Komponen Militer AS ke Iran
Sepanjang 2023, Bukit Serelo melayani 491.097 pelanggan. Pada 2024, jumlah pelanggannya meningkat menjadi 522.580 orang, atau tumbuh 6,41%.
Sementara itu, pada lima bulan pertama 2025, volume penumpangnya telah mencapai 203.326 pelanggan. ***