KONTEKS.CO.ID - Keberhasilan musik Korea yang menembus pasar Internasional tidak hanya karena peran idol yang memiliki penampilan yang apik saja. Namun, terdapat peran serta agensi yang membentuk karakter sang idola.
Keterkaitan ini yang membuat para agensi dan idol membuat kesepakatan untuk membagi keuntungan yang mereka peroleh.
Pembagian Hasil Keuntungan antara Idol dan Agensi
sm-entertainment">1. SM Entertainment
Merupakan salah satu agensi yang paling terkenal. Pendirinya adalah Lee Soo Man pada tahun 1995.
SM Ent. telah sukses mendebutkan banyak Idol terkenal seperti TVXQ, EXO, SNSD, Super Junior, Shinee dan masih banyak lagi.
Durasi Kontrak: 7 tahun
Album Fisik: Agensi (95%), Artis (5%)
Album Fisik (repackaged: Agensi (90%), Artis (10%)
Acara: Agensi (60%), Artis (40%)
Konser Luar Negeri: Agensi (30%), Artis (70%)
Dari pembagian tersebut, SM Ent. banyak penggemar yang mengecam pembagian tersebut. Menurut mereka pembagian tersebut tidak adil bahkan mereka menganngap SM Ent adalah perampok.
jyp-entertainment">2. JYP Entertainment
Didirikan oleh JY Park pada tahun 1997, agensi ini mulai disorot ketika mendebutkan Girl Group Wonder Girl. Idol yang debut di bawah naungan JYP yaitu Miss A, 2pm, Wonder Girl, Itzy, Twice, Stray Kids dan lain sebagainya.