KONTEKS.CO.ID - PT Telkom Akses (TelkomAkses) yang merupakan bagian dari PT TelkomIndonesia (Persero) Tbk (Telkom), resmi meluncurkan sistem Digital Lensa Invoice (Intelligent Vendor Input Document & Disbursement), sebuah inovasi otomasi berbasis Robotic Process Automation (RPA) untuk mendukung proses administrasi proyek sampai dengan verifikasi dan pembayaran untuk Pekerjaan Pasang Baru (PSB).
Sistem ini diluncurkan di Jakarta pada 19 November 2025. Memiliki lensa Invoice yang dirancang untuk menyederhanakan dan mempercepat seluruh proses bisnis administrasi proyek sampai dengan proses pembayaran.
Inisiatif ini menjadi bagian dari komitmen nyata Telkom Akses dalam mempercepat transformasi digital serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional di seluruh lini bisnisnya.
Baca Juga: Harimau Utuh Terus Diburu, Indonesia Masuk Titik Panas Perdagangan Satwa Liar, Laporan TRAFFIC
Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Telkom Akses Hery Sofiaji, menyampaikan bahwa implementasi Lensa Invoice merupakan langkah strategis dalam menghadirkan sistem kerja yang efisien, efektif, transparan, dan terintegrasi.
“Melalui Lensa Invoice, kami ingin memastikan proses operasional di Telkom Akses menjadi lebih cepat, akurat, serta sesuai dengan standar tata kelola dan regulasi yang berlaku,” ujar Hery usai peresmian.
Lensa Invoice menghadirkan terobosan baru dalam efisiensi transaksi melalui integrasi teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Optical Character Recognition(OCR) untuk validasi tagihan mitra.
Baca Juga: Ini Tanggapan KPK Soal Keputusan Prabowo Rehabilitasi Ira Puspadewi Dkk
Sistem ini tidak hanya mempercepat proses administrasi lewat tanda tangan digital dan materai elektronik, tetapi juga memperkuat keamanan transaksi melalui validasi otomatis jaminan asuransi pelaksanaan dan pemeliharaan yang terhubung langsung dengan pihak ketiga.
Seluruh proses pada Lensa Invoice dirancang paperless dengan fokus pada kecepatan, akurasi, dan kepatuhan terhadap standar legal serta keuangan yang berlaku.
Dengan ini, Telkom Akses menargetkan implementasi nasional Lensa Invoice di seluruh wilayah operasionalnya.
Baca Juga: Menteri Maman Tegaskan Kualitas sebagai Kunci Daya Saing UMKM
Kehadiran sistem ini diharapkan menjadi pendorong utama peningkatan efisiensi internal, mempercepat pelayanan kepada mitra kerja dan pelanggan, serta memperkuat posisi Telkom Akses sebagai penyedia infrastruktur digital andalan Indonesia.***
Artikel Terkait
Telkom dan UGM Jalin Kerja Sama Strategis Kembangkan Inovasi dan Talenta AI Nasional
Telkom Raih Dua Penghargaan Terbaik dalam Ajang Anugerah Media Humas Komdigi 2025
Komisaris Independen Yohanes Surya Ajukan Pengunduran Diri, Ini Respons Telkom
Berlari Sambil Berbagi, Cara Komunitas Telkom Runners Kampanye Peduli Mangrove
Dari Indonesia ke Panggung Internasional: Telkom Raih Penghargaan Asia ESG Positive Impact 2025