• Senin, 22 Desember 2025

OCA AI dari Telkom Kenalkan Chatbot Builder Tanpa Coding

Photo Author
- Senin, 28 Juli 2025 | 17:25 WIB
Omni Communication Assistant (OCA) dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).
Omni Communication Assistant (OCA) dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).



KONTEKS.CO.ID
-
Omni Communication Assistant (OCA) dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menjadi solusi yang bisa diandalkan.

Bukan sekadar menghadirkan solusi komunikasi saja, lebih dari itu OCA sudah memiliki OCA AI yang berperan sebagai chatbot builder.

Chatbot builder dari OCA AI berbasis drag and drop untuk memberikan pengalaman pembuatan chatbotyang cepat, mudah, dan efisien. Bahkan, dengan sistem ini pengguna dapat membangun chatbot tanpa perlu menulis satu baris kode.

Layanan pelanggan menjadi kunci utama dalam membangun kepercayaan dan loyalitas. Kemampuan dalam merespons pertanyaan, menyelesaikan masalah, dan hadir setiap saat untuk pelanggan kini menjadi kebutuhan penting bagi setiap bisnis.

Baca Juga: Demokrat Bantah Isu Ijazah Palsu Jokowi: Fitnah Tak Etis, Jangan Adu Domba

Menjawab tantangan ini, kehadiran chatbot menjadi solusi strategis, karena memungkinkan pelaku usaha memberikan layanan otomatis yang responsif, dan tersedia 24/7.

Sayangnya, membangun sistem seperti ini memerlukan waktu, biaya, dan tenaga ahli yang tidak sedikit, sehingga banyak perusahaan mulai beralih ke solusi siap pakai yang lebih praktis dan efisien.

Menjawab kebutuhan tersebut, hadirnya chatbot seperti OCA AI menjadi solusi tepat bagi pelaku usaha yang ingin mengimplementasikan teknologi secara cepat dan dengan biaya yang lebih terjangkau, chatbot tersebut juga mudah disesuaikan dengan alur bisnis, mendukung integrasi lintas platformkomunikasi, serta mampu menangani percakapan dalam berbagai bahasa yang tentunya memudahkan pelaku usaha mengadopsinya.

Baca Juga: Djarot Pastikan Kongres PDIP Digelar 2025, Hasto Tetap Sekjen Meski Divonis Penjara

Selain itu, OCA AI juga mampu membantu pelaku usaha dalam memantau performa bisnis lewat fitur analitik yang ada dalam chatbot.

“Melalui OCA AI, Telkom berkomitmen membuka akses bagi pelaku usaha untuk memanfaatkan teknologi yang mendorong pertumbuhan bisnis, salah satunya dengan menciptakan chatbot secara mandiri,” ujar EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa.

“Ini bukan sekadar soal efisiensi, tetapi juga langkah nyata membangun ekosistem bisnis yang inklusif dan berkelanjutan,” katanya lagi.

Baca Juga: Terungkap, Lakban Kuning yang Melilit Kepala Diplomat Kemlu Tewas di Menteng

Desain inklusif yang dihadirkan OCA lewat OCA AI diharapkan turut mendorong pemerataan peluang ekonomi dan memperkuat ekosistem bisnis yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Temukan keunggulan lain dari OCA hanya di https://ocaindonesia.co.id/.***

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Eko Priliawito

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X