• Minggu, 21 Desember 2025

Google Kian Ditinggalkan, Pengguna Ramai-ramai Beralih ke Platfrom ini

Photo Author
- Sabtu, 22 Maret 2025 | 14:19 WIB
Google (Unsplash.com)
Google (Unsplash.com)

KONTEKS.CO.ID – Google yang selama ini dikenal sebagai raja pencarian internet mulai kehilangan dominasinya.

Laporan terbaru dari The Verge, yang bekerja sama dengan tim Research dan Insights dari Vox Media serta Two Cents Insights menyebutkan, semakin banyak netizen yang beralih ke chatbot AI, komunitas online, dan platform seperti TikTok untuk mencari informasi.

Kepercayaan Netizen terhadap Google Merosot

Dalam survei terhadap 2.000 pengguna internet di Amerika Serikat, sebanyak 42 persen responden merasa bahwa mesin pencari seperti Google semakin tidak berguna.

Baca Juga: Dugaan Manipulasi Media! Benarkah Kim Soo Hyun Gunakan Buzzer untuk Lindungi Namanya?

Sementara itu, 66 persen mengeluhkan bahwa kualitas informasi di internet semakin buruk, sehingga sulit menemukan sumber yang benar-benar kredibel.

Tren ini menunjukkan pergeseran besar dalam cara masyarakat mendapatkan informasi. Jika dulu Google menjadi pilihan utama, kini lebih dari separuh pengguna (55 persen) lebih memilih mencari informasi di komunitas online yang mereka percayai.

Bahkan, 52 persen responden mengaku lebih sering menggunakan chatbot AI dan TikTok dibandingkan mengandalkan Google.

Baca Juga: Situs PINTAR BI Sudah Dibuka, Cek Jadwal dan Kuota Tukar Uang Baru untuk Lebaran 2025

Iklan Berlebih di Google Jadi Keluhan Utama

Salah satu faktor utama yang membuat kepercayaan pengguna terhadap Google menurun adalah banyaknya konten bersponsor dalam hasil pencarian.

Sebanyak 76 persen responden mengungkapkan bahwa lebih dari seperempat hasil pencarian mereka saat berbelanja online dipenuhi oleh konten berbayar.

Ironisnya, hanya 14 persen dari konten tersebut yang benar-benar dianggap membantu. Kondisi ini semakin diperparah oleh pergeseran kebiasaan generasi muda.

Baca Juga: Wartawan Tempo Diteror Kepala Babi, Istana: Udah Dimasak aja

Sebanyak 61 persen pengguna Gen Z dan 53% milenial kini lebih sering menggunakan alat berbasis AI ketimbang Google untuk mencari informasi yang lebih spesifik dan relevan.

AI dan TikTok Menjadi Alternatif Baru

Pengguna kini lebih memilih chatbot AI dan platform komunitas untuk mendapatkan informasi yang lebih personal dan otentik.

Halaman:
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.

Editor: Lopi Kasim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X