nasional

Sejarah MotoGP: 10 Momen Penting Balap Motor GP 1968-1976

Minggu, 27 November 2022 | 13:11 WIB
Tragedi Monza 1973. (Foto: the fastlane)

KONTEKS.CO.ID – Setelah 1949-1967, berikut sejarah MotoGP serta 10 momen penting dari rangkaian kejuaraan balap motor Grand Prix periode 1968-1976.

Sejarah MotoGP berawal dari diselenggarakannya Grand Prix Kejuaraan Dunia Balap Jalan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) pada 1949.

Hak komersialnya sekarang dimiliki oleh Dorna Sports, dengan FIM tetap sebagai badan pengawas. Turut serta dalam balap motor GP adalah International Road Racing Teams Association (IRTA) dan pabrikan oleh Motorcycle Sport Manufacturers Association (MSMA).

Aturan dan perubahan peraturan diputuskan antara empat entitas, dengan Dorna memberikan suara yang mengikat. Dalam kasus modifikasi teknis, MSMA dapat secara sepihak memberlakukan atau memveto perubahan dengan suara bulat di antara para anggotanya. Keempat entitas ini membentuk Komisi Grand Prix.

Secara tradisional ada beberapa balapan di setiap acara untuk berbagai kelas sepeda motor, berdasarkan ukuran mesin, dan satu kelas untuk sidecars. Kelas yang digelar adalah 50cc, 80cc, 125cc, 250cc, 350cc, 500cc, dan 750cc untuk mesin solo, dan 350cc dan 500cc untuk balap sidecars.

Sampai 1950-an dan sebagian besar 1960-an, mesin 4-Tak mendominasi semua kelas. Pada 1960-an, karena kemajuan dalam desain dan teknologi mesin, mesin 2-Tak mulai mengakar di kelas yang lebih kecil.

Pada 1969, FIM – mengatakan biaya pengembangan yang tinggi karena aturan yang memungkinkan multiplisitas silinder (artinya piston yang lebih kecil, menghasilkan putaran yang lebih tinggi) dan multiplisitas roda gigi – menghadirkan aturan baru yang membatasi semua kelas menjadi enam gigi dan sebagian besar hanya dua silinder (empat silinder untuk kelas 350cc dan 500cc).

Hal ini menyebabkan terjadinya pemecatan massal oleh tim pabrikan Honda, Suzuki dan Yamaha yang sebelumnya sangat sukses, mengubah tabel hasil untuk beberapa tahun ke depan, dengan MV Agusta secara efektif satu-satunya tim kerja yang tersisa dalam olahraga sampai Yamaha (1973) dan Suzuki (1974) kembali dengan desain motor 2-Tak baru.

Pada saat ini, dua pukulan sepenuhnya melampaui empat pukulan di semua kelas. Pada tahun 1979, Honda, saat kembali ke balap GP, mencoba mengembalikan kelas empat tak ke kelas atas dengan NR500, tetapi proyek ini gagal, dan, pada 1983, bahkan Honda menang dengan dua tak 500.

Sebelumnya, kejuaraan ini menampilkan kelas 50cc dari 1962 hingga 1983, kemudian berubah menjadi kelas 80cc dari 1984 hingga 1989. Kelas tersebut dibatalkan untuk musim 1990, setelah didominasi oleh merek Spanyol dan Italia. Balap motor GP juga menampilkan kelas 350cc pada 1949-1982, dan kelas 750cc pada 1977-1979.

Berikut 10 momen penting dari balap motor GP periode 1968-1976 yang dikutip dari berbagai sumber.***

10 Momen Penting Balap Motor GP 1968-1976

-
Giacomo Agostini di Isle of Man TT 1968. (Foto: sportgalleries)

1968

Giacomo Agostini (MV Agusta) memenangkan gelar 350cc dan 500cc.

-
Godfrey Nash menggeber Norton di Opatija Kroasia 1969. (Foto: Twitter)

1969

Godfrey Nash mengendarai Norton Manx menjadi pembalap terakhir yang memenangkan 500cc Grand Prix dengan mesin satu silinder.

-
Jack Findlay memacu Suzuki TR500. (Foto: ozebook)

1971

Jack Findlay memacu Suzuki TR500 yang jadi kemenangan pertama buat motor mesin 2-Tak di kelas 500cc.

-
Gilberto Parlotti di Isle of Man TT. (Foto: moto-collection)

-
Makam Gilberto Parlotti. (Foto: sasatimes)

1972

Seperti pada 1968. Kematian Gilberto Parlotti di Isle of Man TT menyebabkan beberapa juara dunia Giacomo Agostini dan pembalap lainnya memboikot empat gelaran berikutnya di sana dengan alasan keselamatan.

-
Kejuaraan Dunia Balap Sidecars. (Foto: pinterest)

1972

Tahun terakhir Kejuaraan Dunia Balap Sidecars 500cc.

-
Giacomo Agostini dengan MV Agusta. (Foto: formulamoto.es)

1972

Giacomo Agostini memenangkan kejuaraan 500cc ketujuh berturut-turut, semuanya dengan MV Agusta.

-
Jarno Saarinen. (Foto: japantimes)

-
Renzo Pasolini. (Foto: pinterest)

1973

Kematian Jarno Saarinen dan Renzo Pasolini di seri Italia di Monza membuat balapan di sana dibatalkan.

-
Barry Sheene menggeber Suzuki RG500 pada balap motor GP 1974. (Foto: twitter)

1974

Suzuki RG500 jadi motor balap pertama di kelas 500cc yang bermesin empat silinder.

Gelar konstruktor direbut pertama kalinya oleh merek Jepang dan juga gelar perdana buat Yamaha.

-
Giacomo Agostini bersama Yamaha di balap motor GP 1975. (Foto: rota61df.com.br)

1975

Giacomo Agostini (Yamaha) memenangkan kelas 500cc, menjadikan Yamaha merek non-Eropa pertama yang meraih gelar juara dunia pembalap di kelas utama dengan mesin 2-Tak.

-
Barry Sheene pada balap motor GP 1976 di atas Suzuki RG500. (Foto: motor sport magazine)

1976

Barry Sheene memenangkan kejuaraan 500cc pertama untuk Suzuki.

Setelah Isle of Man TT 1976, FIM menyerah pada boikot pengendara dan menghapus seri tersebut dari kalender Grand Prix.

Tags

Terkini