KONTEKS.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyelenggarakan Grand Launching UMKM BRI x SOGO di SOGO Central Park Jakarta, pada Jumat 28 November 2025 sebagai upaya dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.
Menteri UMKM Maman Abdurrahman, Direktur Utama BRI Hery Gunardi, CEO SOGO Indonesia Handaka Santosa, Direktur Network & Retail Funding BRI Aquarius Rudianto, dan Direktur Commercial Banking BRI Alexander Dippo Paris, ikut terlibat dalam acara tersebut.
Momentum ini menandai dimulainya kolaborasi BRI dan SOGO dalam menampilkan produk UMKM binaan di ritel modern.
Baca Juga: Mantan Vokalis Edane, Ecky Lamoh Meninggal Dunia di Yogyakarta: Ada Komplikasi Serius...
Maman Abdurrahman mengapresiasi upaya BRI dan SOGO yang memberikan ruang bagi pengusaha UMKM untuk menembus pasar modern dan menjangkau konsumen yang lebih luas.
“BRI menurut saya adalah salah satu bank yang paling berani mengambil positioning sebagai banknya UMKM di seluruh Indonesia. Kalau tidak ada BRI, mungkin banyak UMKM yang tidak bisa dijembatani akses pembiayaannya,” puji Menteri UMKM.
Melalui kolaborasi ini, BRI memberikan kesempatan bagi UMKM terpilih untuk menghadirkan produknya secara langsung kepada konsumen. Saat ini terdapat 26 UMKM binaan BRI yang menjual produknya di gerai SOGO Central Park Jakarta.
Ke depan, kerja bareng ini akan diperluas dengan melibatkan hingga 50 UMKM dan menjangkau gerai SOGO lainnya. Di antaranya, Lippo Mall Puri, Summarecon Mall Kelapa Gading, Emporium Pluit Mall, dan Tunjungan Plaza. BRI juga menargetkan lebih dari 200 UMKM dapat bergabung dalam program ini pada tahun depan.
Baca Juga: Warga Aceh Timur Dua Hari Dua Malam Kelaparan di Pengungsian, Bantuan Logistik Belum Juga Tiba
Dirut BRI Hery Gunardi mengatakan, kolaborasi ini merupakan langkah nyata BRI dalam memperluas peluang pasar bagi pengusaha UMKM. Menurut dia, kerja sama dengan SOGO menjadi bukti konsistensi BUMN yang dipimpinnya dalam mendukung pengembangan UMKM secara berkelanjutan.
“Kami sadari bahwa UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Segmen ini berkontribusi signifikan terhadap PDB Indonesia sekaligus menyerap sebagian besar tenaga kerja,” katanya.
Oleh karena itu, bagi BRI, pemberdayaan UMKM bukan hanya program, melainkan bagian dari misi untuk menjaga ketahanan ekonomi bangsa. “Melalui kolaborasi ini, UMKM binaan BRI kini memiliki kesempatan untuk masuk ke pangsa pasar urban yang lebih besar, lebih modern, dan lebih kompetitif,” tutur Hery Gunardi.
Program ini mengusung tema Wastra Nusantara, yang menampilkan kain dan busana warisan Indonesia dari berbagai daerah. Produk-produk yang dipamerkan menggambarkan filosofi, kearifan lokal, dan nilai tradisi yang tetap relevan di masa kini.
Tema ini dipilih untuk menempatkan produk wastra Indonesia pada etalase utama, agar kekayaan budaya lokal dapat lebih mudah dijangkau dan diapresiasi oleh masyarakat luas. Peserta program juga mendapar sokongan promosi dari SOGO serta pemberdayaan lanjutan dari BRI.