• Minggu, 21 Desember 2025

Digitalisasi UMKM, yuk Ikutan Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs

Photo Author
- Senin, 23 Desember 2024 | 21:45 WIB
Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 hadir mendukung UKM melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI. (Telkomsel)
Telkomsel Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 hadir mendukung UKM melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI. (Telkomsel)

KONTEKS.CO.ID - Telkomsel kembali menggelar program Digital Creative Entrepreneurs (DCE). Gelaran ke-4 tersebut mengangkat tema “Advancing Locals”.

Kali kini Digital Creative Entrepreneurs bertujuan mendorong pertumbuhan UKM melalui peningkatan keterampilan digital hingga otomatisasi bisnis berbasis AI.

Tahun ini, Telkomsel DCE menargetkan empat track utama yaitu Fashion, F&B, Personal Care, dan Craft.

Seperti  publik ketahui, Kabinet Merah Putih menargetkan pertumbuhan ekonomi 8% pada periode 2025-2029 dengan UKM sebagai pelaku utama.

Dengan lebih dari 62 juta, UKM mempunyai potensi menciptakan nilai ekonomi digital hingga Rp4.531 triliun. Karena itu, program Impact SME Accelerator DCE berusaha mempercepat transformasi UKM lokal agar memiliki daya saing tinggi sehingga menggerakkan kemajuan.

Baca Juga: Jadi Pelatih Utama Pelatnas PBSI, Imam Tohari Bermimpi 3 Tunggal Putri Indonesia Masuk 10 Besar

“Melalui program DCE, Telkomsel mendukung peningkatan daya saing dan kapabilitas digital UKM. Membekali mereka dengan literasi dan keterampilan digital yang relevan," kata VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, Senin 23 Desember 2024.

Dengan demikian, lanjut dia, pelaku usaha lokal bisa semakin mengoptimalkan peluang pasar, baik di tingkat nasional maupun global. Sekaligus mendorong terciptanya dampak nyata bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ada yang baru di program DCE ke-4. Antara lain,   Kurikulum Otomasi Bisnis Berbasis AI yakni strategi implementasi teknologi otomatisasi dalam operasional bisnis, penjualan, dan supply chain.

Baca Juga: Mediasi Buntu, Yos Suprapto Turunkan Sendiri Lukisannya dari Ruang Pamer Galeri Nasional

Kemudian Kolaborasi Ekosistem Digital yang Memaksimalkan potensi UKM melalui integrasi layanan digital unggulan perusahaan. "Ada juga Local Brand Benchmarking, Bootcamp Interaktif, dan Speed Consulting dengan Pakar," sebutnya.

Tahapan Program DCE ke-4:

  • Onboarding: Pengenalan ekosistem digital kepada 400 peserta terpilih.
  • Pitching Tracks: Penilaian business plan untuk memilih 32 peserta terbaik.
  • DCE Academy: Peningkatan keterampilan strategis dan kreatif untuk 12 peserta terpilih.
  • Final Pitching & Awarding: Penentuan peserta terbaik di masing-masing track.

Pendaftaran DCE ke-4 akan terbuka sampai tanggal 21 Februari 2025, dengan Kick-Off di Bandung (19 Desember 2024). Lalu berlanjut di Malang (16 Januari), Medan (23 Januari), Makassar (6 Februari 2025).

Tertarik? cek informasinya melalui laman dce.co.id dan akun media sosial @dce_id. ***

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel
di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizinĀ redaksi.

Editor: Iqbal Marsya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X