KONTEKS.CO.ID – Jelang WSBK Catalunya 2023 pada akhir pekan ini, bursa pembalap WSBK 2024 memanas. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut.
Jelang WSBK Catalunya 2023 di Sirkuit Barcelona, 5-7 Mei ini, justru bursa pembalap WSBK 2024 memanas. Itu karena baru satu pembalap yang memegang kontrak baru untuk musim depan.
Perombakan terbesar bakal terjadi di line up pembalap Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) 2024. Pasalnya, hingga beberapa seri awal musim 2023, baru ada pembalap yang memegang kontrak baru untuk musim depan.
Saat ini, ada banyak kursi dalam tim yang siap dan menunggu, tapi itu pasti akan berubah. Karena musim ini baru berlangsung tiga putaran dari 12 yang direncanakan.
Putaran di Eropa yang dimulai di WSBK Belanda 2023 pada 21-23 April, jadi salah satu katalisator performa pembalap untuk meraih kontrak baru musim 2024.
Silly season dimulai sejak putaran Belanda di Sirkuit Assen dan makin hot di putaran keempat WSBK 2023 yang akan berlangsung di Sirkuit Barcelona, Catalunya, pada 5-7 Mei 2023.
Bagaimana situasi line up pembalap WSBK 2024 dan rumor yang beredar jelang WSBK Catalunya 2023.
Masa depan terjamin
Satu pembalap di grid saat ini memiliki kontrak untuk 2024 dan itu adalah pembalap tersukses WSBK sepanjang masa, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK).
Juara Dunia enam kali itu menandatangani perpanjangan kontrak dua tahun pada 2022 yang membuatnya hingga 2023 dan hingga akhir 2024. Namun, rekan setimnya belum diputuskan untuk 2024.
Sudah pegang kartu As
Juara dunia bertahan Alvaro Bautista (Aruba.it Racing Ducati) tengah berada di musim keduanya di Ducati, setelah menandatangani perpanjangan satu tahun pada 2022.
Namun, Bautista menggoda masa depannya selama WSBK Belanda 2023 di Assen, mengatakan bahwa dia “tidak memiliki gagasan yang jelas” tentang 2024.
Dalam wawancara di akhir pekan WSBK Belanda 2023, Bautista menyatakan bahwa dia akan “mengambil keputusan” setelah putaran ketiga musim ini, dan bahwa “kehidupan pribadi menjadi lebih istimewa dan lebih penting” bersama istri dan dua putrinya, saat yang terakhir tumbuh dewasa.
Berkostum biru, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Prometeon WorldSBK) bisa dibilang salah satu pembalap yang memegang semua kartu.
Tes MotoGP di Jerez pada pertengahan April sangat mengesankan, dengan dia hanya 1,7 detik dari Dani Pedrosa dan KTM di posisi teratas, dan 0,6 detik di belakang pembalap tes Yamaha, Cal Crutchlow.
Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis berkomentar bahwa Toprak adalah salah satu “kandidat utama” untuk pabrikan MotoGP seandainya performa Franco Morbidelli musim ini tidak meningkat.
Sementara Razgatlioglu sendiri telah mengonfirmasi bahwa pindah ke MotoGP adalah “mimpi” di tahun 2024.
Manajer Toprak, juara dunia Supersport lima kali, Kenan Sofuoglu, menyatakan bahwa sang juara dunia 2021 “tidak dibuat” untuk MotoGP dan dia yakin Razgatlioglu akan tetap berada di Kejuaraan Dunia Superbike 2024.
Sofuoglu juga berbicara kepada media Italia, menyatakan bahwa situasi idealnya adalah memperbaharui kontrak dengan Yamaha di WorldSBK, dengan keputusan yang dibuat di WSBK Catalunya 2023, meski di atas meja ada dua pabrikan lain yang tertarik dengan jasa Razgatlioglu.
Bagaimana situasi kursi pembalap di tim pabrikan lainnya?
Alvaro Bautista dikenal sebagai pembalap yang berkarakter mencari penghasilan lebih saat berada di atas. Itulah yang membuatnya pindah ke Honda walau menjalani musim perdana di WSBK yang gemilang bersama Ducati.
Namun kali ini ia tak punya pilihan lain, bila dia ingin tetap berada di jalur juara, Ducati Paginale V4 R sedang di puncak performa.
Lantas, bagaimana dengan rekan setimnya saat ini Michael Ruben Rinaldi? Rinaldi menandatangani perpanjangan satu tahun pada 2022 untuk tahun ini dan merupakan pembalap pabrikan terakhir yang dikonfirmasi.
Tahun lalu, Axel Bassani (Motocorsa Racing) menjelaskan bahwa dia menginginkan kursi tersebut dan sekali lagi menyatakan bahwa dia berharap balapannya di 2023 telah menarik perhatian tim pabrikan. Dia saat ini berada di urutan keempat klasemen, Rinaldi berada di urutan keenam.
Selain itu, Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team) menyatakan bahwa dia ingin mengendarai motor pabrikan pada 2024 dan Nicolo Bulega tampil impresif di Kejuaraan Dunia Supersport. Bila Bulega meraih gelar, dia jadi pembalap yang paling berpotensi menggantikan Rinaldi.
Di pabrik lain, kontrak Alex Lowes (Kawasaki Racing Team WorldSBK) berujung pada akhir musim 2023 bersama Kawasaki, jadi dia siap untuk diperbarui.
Lantas kedua pembalap Tim HRC, Iker Lecuona dan Xavi Vierge, juga memiliki kontrak untuk perpanjangan pada akhir musim ini. Bos tim Leon Camier selalu memuji kedua pembalap, terutama bakat alami dan kemampuan Lecuona untuk mempelajari trek dan berkendara baru dalam situasi grip rendah.
Di Tim BMW Motorrad WorldSBK, Scott Redding berada di musim keduanya dari kesepakatan “beberapa tahun”, meskipun durasinya belum dikonfirmasi.
Untuk rekan setimnya saat ini Michael van der Mark, dia menyatakan bahwa dia ingin melanjutkan dengan BMW tetapi cederanya di Assen datang pada waktu yang salah.
Bagaimana line up tim independen?
Semua pembalap bakal habis kontraknya di 2023 dan siap memperbaharuinya. Performa di dua hingga tiga balapan ke depan akan menentukan itu.
Susunan pembalap WSBK 2024
Kawasaki Racing Team WorldSBK: Jonathan Rea, TBA (akan diumumkan)
Semua tim yang tersisa: TBA.
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"