Lifestyle

Apa Itu Pemuliaan Tanaman?


KONTEKS.CO.ID – Pemuliaan tanaman merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kualitas tanaman yang dilakukan dengan cara mengubah susunan genetiknya.

Dengan melakukan pengubahan susunan genetiknya, tanaman tersebut akan dapat mempunyai sifat yang lebih baik dan seperti yang diinginkan.

Pemuliaan tanaman bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari penangkaran, persilangan hingga seleksi.

Tujuan utama dari dari kegiatan ini adalah untuk dapat memperbaiki kualitas tanaman yang mencakup peningkatan kuantitas dan kualitas tanaman.

Inilah beberapa fakta menarik dari pemuliaan tanaman yang tentu saja wajib kamu ketahui, yaitu

Awal Mula

Teknik ini mulai diketahui sebelum masehi, di mana ketika itu dikenal dengan istilah domestikasi dan evolusi.

Pemuliaan tanaman modern sendiri sudah dimulai pada awal abad ke-20, yaitu dikenal dengan adanya hukum Pewarisan Mendel. Lalu, Wilhelm Johannsen meletakan dasar hukum Hardi Weinberg yang mengenai tentang seleksi hasil persilangan antar galur.

Hal yang Dipelajari

Pada dasarnya, teknik ini akan mempelajari tentang genetika tanaman. Bukan hanya itu saja, bagi kamu calon pemulia ini juga harus mengetahui sifat-sifat tanaman hingga gen yang berhubungan dengan sifat tersebut.

Seorang pemulia tanaman juga wajib untuk mempelajari bagaimana cara penyilangan baik itu secara konvensional antara bunga betina dan bunga jantan.

BACA JUGA:   Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Lalu, pemulia ini juga harus bisa melakukan suatu karakterisasi morfologi dari tanaman dan hasil tanaman tersebut.

Hasil

Hasil dari teknik ini tentu saja yang diinginkan adalah untuk membentuk varietas yang sesuai dengan permintaan pasar.

Contohnya, dulu produksi kedelai di Indonesia hanya mencapai 1,2 ton saja dan setelah adanya upaya pemuliaan kedelai pada varietas Detam-4 ini bisa mencapai hasil 3 ton untuk per hektarnya.

Teknik

Teknik pemuliaan tanaman ini secara luas dibagi menjadi dua, yaitu secara konvensional dan secara modern.

Secara konvensional ini akan mempelajari cara melakukan, karakterisasi, persilangan hingga seleksi hasil tanaman.

Sedangkan untuk secara modern ini akan menggunakan suatu teknologi terbaru, seperti bioteknologi, kultur jaringan hingga isolasi genetika.

BACA JUGA:   Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Momok Menakutkan Bagi Mahasiswa Pertanian

Perlu kamu ketahui, mata kuliah pemuliaan tanaman, praktikum, pemintaan hingga topik skripsi yang berkaitan dengan ini sangat sering dihindari bagi sebagian besar mahasiswa.

Kok bisa? Karena sebagian besar text book tentang materi ini masih menggunakan bahasa teknis yang lumayan rumit dan sulit untuk dipahami.

Sehingga, bagi para mahasiswa yang tidak mengerti pelajaran dasar dari genetika, tentu saja mereka akhirnya semakin menakuti hal tersebut.***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi