KONTEKS.CO.ID - Kementerian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berkolaborasi dengan SMESCO, Jakcloth, Clothing Meet Up (Clome), dan Pasar Malam Festival untuk mendukung pengembangan produk fesyen lokal melalui Jakarta Night Carnival 2025.
"Pesan saya, berikan kepada masyarakat produk-produk yang memang bagus dengan harga yang bersaing. Karena produk bagus kalau tidak dipromosikan dengan baik, maka tidak akan ada yang tahu," kata Deputi Bidang Usaha Kecil Kementerian UMKM Temmy Satya Permana saat membuka Jakarta Night Carnival 2025 di Smesco Outdoor Arena, Jakarta, Jumat, 14 Maret 2025 malam.
Temmy Satya berharap, ke depan jangan sampai konsumen di Indonesia hanya bisa membeli produk impor lantaran produk lokal susah dicari.
Baca Juga: Natasha Rizky Menangis di Podcast Denny Sumargo: Ungkap Rasa Terima Kasih untuk Desta
"Perbanyak event-event seperti ini karena ini adalah cara yang efektif untuk mempertemukan produk lokal dengan konsumennya," katanya.
Selain itu, melalui konsep agregasi diharapkan ada rumah atau wadah bagi fesyen lokal. Kementerian UMKM sejak tahun lalu sudah menggandeng Jakcloth untuk menggagas ide Clothing Meet Up atau Clome.
“Ke depan, kita akan coba mendorong agar Clome ini benar-benar menjadi rumah bagi produk lokal, terutama untuk pengusaha UMKM di bidang fesyen," katanya.
Baca Juga: Jaksa Agung Pastikan Panggil Erick Thohir Terkait Korupsi Pertamina
Founder Jakcloth Ucok Nasution menambahkan, tahun ini akan ada roadshow Jakcloth lebaran yang tersebar di beberapa wilayah. Mulai dari Bekasi, Jakarta, Cikarang, Depok, dan Lampung.
"Tahun ini kami mengadakan event offline di 10 hari menjelang lebaran, momen ini diharapkan bisa menjadi primadona bagi para pengusaha UMKM khususnya yang bergerak di bidang fesyen lokal,” katanya.
Acara Jakarta Night Carnival 2025 akan berlangsung di Smesco Outdoor Area mulai 14 Maret - 13 April 2025, dan dimeriahkan oleh 70 Brand Clothing dan Multi Produk serta disemarakkan 40 stand kuliner.***