KONTEKS.CO.ID - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali merilis data merek mobil terlaris di Indonesia pada Juni 2025.
Meski mengalami penurunan volume, Toyota tetap mempertahankan posisinya sebagai penguasa pasar otomotif nasional.
Baik dari sisi wholesales (penjualan pabrik ke dealer) maupun ritel (dealer ke konsumen).
Toyota Masih Tak Tertandingi
Pada penjualan wholesales, Toyota membukukan angka 17.819 unit, jauh mengungguli kompetitornya. Meski jumlah ini menurun dibanding bulan sebelumnya, Toyota tetap kokoh di puncak.
Di sisi penjualan ritel, Toyota bahkan mencatat angka lebih tinggi, yaitu 19.824 unit.
Daihatsu dan Mitsubishi Membuntuti
Daihatsu menempati posisi kedua dengan 9.356 unit (wholesales) dan 10.001 unit (ritel), memperlihatkan stabilitas merek ini sebagai pilihan utama masyarakat Indonesia.
Mitsubishi Motors menyusul di posisi ketiga dengan 5.053 unit (wholesales) dan 5.505 unit (ritel).
Honda dan Suzuki bersaing ketat di papan tengah. Honda unggul di penjualan ritel dengan 5.238 unit, sementara Suzuki lebih kuat di wholesales dengan 4.940 unit.
Baca Juga: Michelle Lee, dari Indonesia Diakui Global, Perjalanan Mahasiswi Teknik Biomedis Juara iGEM di Paris
Chery dan BYD Tunjukkan Taring, Kejutan dari Mobil Listrik
Salah satu sorotan utama datang dari Chery, merek asal Tiongkok yang berhasil masuk 10 besar di dua kategori.
Chery mencatat 2.271 unit penjualan wholesales dan 2.150 unit ritel, menunjukkan peningkatan signifikan di pasar Indonesia.
Baca Juga: Penangkapan Kasat Narkoba Polres Nunukan Terkait Penyelundupan Sabu
BYD juga mencatat performa yang mengesankan sebagai merek mobil listrik.