KONTEKS.CO.ID – Motor trail listrik Yamaha terkabarkan di sini. Dengan semakin mendekatnya motor listrik ke arus utama, sudah waktunya bagi produsen besar untuk mengadopsi teknologinnya.
Meskipun hampir semua merek telah menyatakan minatnya pada dunia listrik, publik otomotif masih menunggu ledakan besar terkait masuknya model motor listrik terbaru.
Menambah antisipasi itu adalah Yamaha yang baru saja mengajukan paten sepeda motor trail listrik terbarunya.
Elektrifikasi telah membuat kemajuan besar di dunia off-road. Produsen menyadari manfaat torsi instan, pengoperasian senyap, dan penurunan biaya perawatan yang motor listrik tawarkan.
Sedangkan untuk Yamaha, mereka membangun platform yang telah mereka uji selama beberapa waktu, yakni uji coba TY-E.
Pengembangan Motor Trail Listrik Yamaha
Ketika berbicara tentang pengembangan sepeda motor listrik, tantangannya adalah menjaga keakraban dengan sepeda motor bertenaga bensin.
Dan hal ini terjadi di lingkungan off-road. Menguasai jalur MX melibatkan kontrol traksi yang hebat, dan satu-satunya cara pengendara dapat melakukannya adalah melalui throttle.
Oleh karena itu, Yamaha telah menghadirkan beberapa solusi inovatif untuk memberikan torsi ekstra saat pengendara sangat membutuhkannya.
Dalam kasus Yamaha, motor trail listrik yang akan datang ini diharapankan menampilkan perlengkapan yang apik untuk peredam torsi.
Perangkat tersebut akan terintegrasikan ke dalam transmisi motor dan terdiri dari sepasang rotor yang terhubungkan dengan pegas. Rotor-rotor ini akan berputar berlawanan arah satu sama lain, sehingga mengumpulkan banyak energi potensial.
Setelah itu, perangkat ini akan memungkinkan pengendara melepaskan kedua rotornya, yang pada gilirannya akan memberikan ledakan singkat tenaga ekstra ke roda belakang. Sempurna untuk meningkatkan lompatan atau tenaga saat menikung.
Lebih jelasnya, sebut situs Rideapart, tujuannya adalah untuk meningkatkan akselerasi, tanpa menambah bobot berlebihan pada driveline.
Oleh karena itu, para insinyur Yamaha harus menemukan cara mengintegrasikan perangkat ke dalam kontrol motor dengan cara yang mulus. Mungkin dengan cara yang mirip dengan perangkat holeshot yang selama ini kita lihat di mesin MotoGP.
Kemajuan teknologi baru pada sisi kinerja spektrum listrik selalu menarik. Tampaknya kini, lebih dari sebelumnya, perusahaan menginvestasikan sumber dayanya untuk meningkatkan kinerja, akselerasi, dan nuansa.
Misalnya tentang Sistem Kontrol Kendaraan Zero Motorcycles, yang pada dasarnya adalah simulasi kopling yang bertujuan menambahkan lapisan kontrol ekstra ke dalam campuran.
Pasangkan ini dengan teknologi peredam torsi Yamaha, dan Anda pasti akan mendapatkan mesin yang cukup bertenaga. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"