KONTEKS.CO.ID – Nilai valuasi Vespa menyentuh 1,079 miliar euro atau setara Rp18,3 triliun. Angka tersebut naik 19% daripada valuasi sebelumnya yang mencapai 906 juta euro pada 2021.
Pertumbuhan valuasi Vespa tersebut merupakan hasil studi terbaru dari Interbrand, sebuah lembaga konsultasi bonafide yang Piaggio Group (PIA.MI) tunjuk.
“Valuasi kami bukan sekadar sederet angka yang menyimbolkan kesuksesan dari brand yang begitu terimpikan dan terminati,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand, Rabu 20 Desember 2023.
“Tapi juga menunjukkan bagaimana Vespa menghadirkan kebebasan dan kebahagiaan dalam hidup yang melampaui batas-batas mobilitas untuk masuk ke dunia yang baru,” sambungnya.
Nilai Valuasi Vespa dan Pasar Penting Indonesia
Dalam menentukan nilai valuasi Vespa, Interbrand menerapkan metode penilaian eksklusif nan teruji dengan menggabungkan analisis finansial bersama data primer dan kuantitatif.
Kemudian terkumpulkan lewat riset pasar secara global yang berlaku di 10 pasar kunci dari Vespa meliputi, Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Thailand, China, India, dan termasuk Indonesia.
Vespa mengukuhkan kepemimpinannya di pasar Eropa dan semakin memperoleh relevansi di Amerika Serikat dan Asia dengan memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan.
Dan khusus di Indonesia ikut andil karena Piaggio Group membuka pabrik baru untuk pasar lokal negara tersebut belum lama ini.
Manfredi memaparkan, studi ini juga menegaskan bahwa secara global, Vespa telah teranggap lebih dari sekadar skuter. “Hal ini menunjukan dua hal sekaligus secara global, yaitu peluang bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri di dalam lingkungannya. Dan produk yang lekat dengan rekreasi dan hiburan,” ungkapnya.
Pasalnya kolaborasi tingkat global bersama Dior, film Disney Pixar bertajuk Luca, Justin Bieber, Lego, dan yang terkini dengan Mickey Mouse, turut memperkuat DNA unik dari Vespa.
Berdasarkan 10 faktor kekuatan brand yang teranalisis pada studi yang Interbrand lakukan, afinitas dan kekhasan menjadi kekuatan utama dari Vespa.
Singkatnya, Vespa menegaskan dirinya sebagai brand fashion lifestyle pada kendaraan roda dua yang bergerak menuju masa depan. Merek yang telah terikuti serta jutaan penggemar di seluruh dunia cintai.***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"