KONTEKS.CO.ID – Hyundai Ioniq 5 N secara resmi telah memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed 2023. Ini adalah model listrik berperforma tinggi pertama N, dan tidak akan menjadi yang terakhir.
Hyundai mengatakan Ioniq 5 yang populer adalah “langkah pertama” N dalam strategi elektrifikasinya. EV masa depan perusahaan akan mengikuti sub-merek tersebut.
Hyundai Ioniq 5 N memiliki dua motor listrik. Output total untuk model ini adalah 600 tenaga kuda (448 kilowatt) dan torsi 545 pound-feet (740 Newton-meter), yang dapat sedikit berubah sebelum produksi dimulai.
Tenaganya meningkat menjadi 641 hp (478 kW). Dengan fungsi N Grin Boost diaktifkan maka torsinya naik 567 lb-ft (770 Nm) selama 10 detik.
Powertrain all-wheel-drive dapat mendorong Hyundai Ioniq 5 N hingga 62 mil per jam dalam 3,5 detik, menurun menjadi 3,4 dengan N Grin Boost. Mobil memiliki kecepatan tertinggi 161 mph atau 260 km/jam.
Hyundai menawarkan model dengan baterai berkapasitas tertinggi 84,0 kilowatt jam. Baterainya memiliki teknologi 800 volt untuk pengisian daya sangat cepat, mengisi baterai dari 10% hingga 80% hanya dalam waktu 18 menit.
Teknologi Hyundai Ioniq 5 N
Pengemudi dapat mengoptimalkan kinerja baterai dengan Hyundai N Battery Pre-conditioning. Fitur memungkinkan pengemudi untuk memilih antara mode Drag atau Track.
Track one mengoptimalkan suhu baterai untuk menghasilkan putaran terbanyak. Mode seret menawarkan ledakan singkat dari tenaga total, dan itu hanya beberapa perangkat lunak yang digunakan Hyundai untuk meningkatkan pengalaman berkendara di belakang kemudi di jalan umum dan trek.
Fitur N Race mobil dengan dua mode lainnya menawarkan kontrol yang lebih besar atas penggunaan energi mobil.
Mode Endurance memaksimalkan jangkauan on-track, yang dicapai dengan membatasi output daya puncak mobil.
Mode sprint melakukan sebaliknya, memprioritaskan output daya penuh. N Launch Control, yang menawarkan pengaturan untuk tiga tingkat traksi berbeda, membantu mobil melakukan start cepat.
Hyundai tidak memberikan bobot trotoar Ioniq 5 N, tetapi terungkap bahwa itu lebih berat daripada model standar. Pembuat mobil mencantumkan Ioniq 5 SE Standard Range entry-level dengan berat 3.968 pound, sedangkan versi paling besar, all-wheel-drive Limited, memberi bobot pada 4.663 lbs.
EV memiliki roda yang lebih besar, pengaturan suspensi yang direvisi sepenuhnya, aero bit baru, dan sistem pengereman regeneratif yang diperbarui yang berkontribusi pada bobotnya. Namun, Hyundai telah bekerja untuk mengatasi bobot tersebut melalui perangkat lunak dan teknik lainnya.
Sistem N Brake Regen model memberikan gaya pengereman utama, dengan yang mekanis melengkapinya sesuai kebutuhan, seperti saat berkendara di trek.
Sistem pengereman regeneratif dapat menghasilkan gaya deselerasi hingga 0,6 G dalam kondisi normal dan hingga 0,2 G saat ABS diaktifkan.
Kaliper depan monoblok empat piston menjepit rotor 15,75 inci (400 milimeter), sedangkan kaliper satu piston menggunakan rotor belakang 14,17 inci (360 mm).
Hyundai membuat rem dari bahan ringan baru dengan konstruksi hibrida, menghasilkan rem terkuat perusahaan yang pernah ada.
Kegembiraan Berkendara
Pembuat mobil mengembangkan N Pedal sebagai solusi lain untuk mengatur bobot dan ukuran Ioniq 5 N saat berada di belakang kemudi.
Perangkat lunak ini meningkatkan gaya pengereman regeneratif untuk menciptakan transfer bobot yang meningkatkan kemampuan menikung mobil. Ini dirancang untuk memberikan turn-in instan.
Trik bagus lainnya adalah N Drift Optimizer, yang mengungkapkan tujuannya dalam namanya. Sistem mengelola beberapa sistem kendaraan untuk mempertahankan sudut penyimpangan.
Jika pengemudi memerlukan upaya lebih untuk memulai drift, Hyundai mengintegrasikan fungsi Torque Kick Drift untuk membantu.
Ini mensimulasikan aksi tendangan kopling yang digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang. Ioniq 5 N juga dilengkapi dengan N Torque Distribution hingga 11 tingkat penyesuaian dan electronic limited-slip differential.
Semakin meningkatkan pengalaman berkendara adalah sistem N e-shift dan N Active Sound + Hyundai. N e-shift menghadirkan kesan transmisi kopling ganda delapan kecepatan perusahaan ke Ioniq 5 N.
Ini mensimulasikan sentakan antara perpindahan gigi dengan mengontrol keluaran torsi motor.
N Active Sound + pujian N e-shift membeerikan layanan tiga tema suara yang berbeda. Pengapian mensimulasikan suara mesin 2.0 liter turbocharged Hyundai N.
Evolusi mengambil inspirasi dari RN22e, sedangkan tema suara Supersonik menampilkan volume variabel saat menikung yang menggunakan jet tempur bermesin ganda sebagai sumbernya.
Suara dan pergeseran yang disimulasikan akan membantu menyampaikan kepada pengemudi apa yang sedang dilakukan EV.
Tampilan Baru Sporty Hyundai Ioniq 5 N
Ioniq 5 N lebih besar dari model standar, lebih lebar 1,6 inci (40 mm) di bagian bawah dan lebih panjang 3,2 inci (80 mm). Dan 0,79 inci (20 mm) lebih dekat ke tanah.
Mobil ini memiliki spoiler bibir bumper bawah, active penutup udara, dan tirai udara jala fungsional. Hyundai memberi aksen trim hitam kontras dengan N-exclusive Luminous Orange pada bumper, side skirt, dan diffuser belakang.
Mobil memakai roda aluminium tempa 21 inci yang dibungkus ban Pirelli P-Zero yang disetel untuk EV.
Di bagian interior dalamnya, Hyundai memasang setir N dengan desain baru, menampilkan logo merek performa untuk pertama kalinya. Dengan fitur empat tombol – Drive Mode Select, N Grin Boost, dan dua tombol N Custom.
Dua pemicu khusus memungkinkan pengemudi untuk mengatur mode drive khusus yang diinginkan yang dipetakan ke setiap tombol.
Pabrikan juga meningkatkan kenyamanan pengemudi saat di lintasan. Hyundai memasang bantalan lutut dan penyangga tulang kering di konsol tengah yang diperkuat dan menambahkan sandaran tangan geser.
Hyundai ikut menurunkan posisi kursi sekitar 0,79 inci, tersedia dengan pola piksel baik dalam kombinasi kain dan kulit atau kombinasi ramah lingkungan-Alcantara-dan-kulit.
Ioniq 5 N bakal tersedia dalam 10 warna. Dua – N Performance Blue Matte dan N Performance Blue – eksklusif untuk model ini.
Warna lainnya adalah Abyss Black Pearl, Cyber Grey Metallic, Ecotronic Grey Matte, Ecotronic Grey, Atlas White, Atlas White Matte, Gravity Gold Matte, dan Soultronic Orange Pearl. Interiornya hanya tersedia dalam warna hitam dengan aksen Performance Blue.
Harga dan Ketersediaan
Hyundai tidak mengungkapkan harga Ioniq 5 N. Trim Limited teratas mulai dari Rp808 juta, dan
“N” seharusnya lebih mahal.
Perusahaan tidak mengatakan kapan mobil akan mulai dijual tetapi dapat menjangkau dealer tahun depan. Yang jelas, Ioniq 5 standar menawarkan jangkauan antara 354 km dan 428 km.
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"