Rally1 juga memperkenalkan drivetrain hybrid untuk olahraga ini untuk pertama kalinya. Ini berupa e-motor yang menghasilkan 100 kW (134,1 hp) yang dipasang pada mesin 1,6 L turbocharged inline-4 saat ini dan harus digunakan untuk menggerakkan mobil saat bepergian di sekitar tempat parkir dan melalui area yang dibangun saat berkendara di antara tahapan.
Regulasi olahraga
Bagian penghubung khusus di mana peserta Rally1 harus mengemudi dalam mode listrik penuh diperkenalkan ke dalam kejuaraan.
Hasil Reli Dunia 2022
Babak salju dan aspal licin
Kaleidoskop Reli Dunia 2022 dibuka dengan musim baru, aturan baru, mobil baru, di era baru yakni pada seri pertama, Reli Monte-Carlo. Ogier dan Benjamin Veillas yang sempat unggul lebih dari 20 detik, mendapati ban mobilnya bocor ditambah penalti jump-start di Power Stage, membuatnya kalah dari Loeb dan Isabelle Galmiche.
Ini adalah kemenangan reli ke-80 Loeb dan yang pertama sejak Reli Catalunya 2018. Kemenangan tersebut juga membuat Loeb menjadi pembalap tertua yang memenangkan ajang Kejuaraan Reli Dunia dan Galmiche menjadi pemenang wanita pertama dalam pertandingan WRC sejak 1997.
Pada seri kedua yakni Reli Swedia 2022, menampilkan lima pembalap yang memimpin dalam tujuh tahapan. Kalle Rovanperä dan Jonne Halttunen melewati Neuville dan Wydaeghe pada hari Sabtu dan mempertahankan keunggulan untuk meraih kemenangan karier ketiga mereka.
Kemudian di seri ketiga musim ini, Reli Kroasia 2022 menawarkan kondisi cengkeraman rendah di aspal basah yang membuat pertarungan antar pembalap reli ini jadi menarik. Pemimpin kejuaraan Rovanpera dan Halttunen mengalahkan Tänak dan Jarveoja dari Hyundai di akhir lomba.
Sesi kerikil di pertengahan musim
Kaleidoskop Reli Dunia 2022 pada pertengahan musim diawali dengan sejumlah reli yang berlangsung di atas lintasan kerikil (gravel), yakni pada seri keempat musim ini, Reli Portugal.
Pemimpin kejuaraan Rovanpera dan Halttunen akan menjadi pembuka jalan, tapi itu tidak mengorbankan performa mereka. Kecepatan mereka konsisten dan melewati rekan setimnya, Evans dan Martin pada akhir hari Sabtu dan akhirnya memenangkan seri ketiga mereka musim ini, menjadikannya hat-trick, dengan kemenangan Power Stage lainnya. Rovanpera dan Halttunen unggul 64 poin di klasemen.
Berikutnya di Reli Sardinia, Italia, Esapekka Lappi dan Janne Ferm memimpin di akhir leg pertama. Namun, kru Finlandia tersingkir pada tahap pembukaan keesokan harinya, menyerahkan pimpinan reli kepada Ott Tanak dan Martin Jarveoja untuk mengakhiri paceklik kemenangan mereka yang berlangsung selama 462 hari.
Bergeser ke Reli Kenya, tim dan kru harus menghadapi kondisi yang menantang. Sementara M-Sport dan Hyundai sama-sama menderita, Toyota menghindari masalah dan menyelesaikan acara tersebut dengan finis 1-2-3-4, tim pertama yang melakukannya sejak Citroen Total WRT di Reli Bulgaria 2010. Pemimpin kejuaraan Rovanperä dan Halttunen memastikan kemenangan, keempat mereka musim ini.
Rovanpera dan Halttunen tak terbendung hingga berlanjut di Reli Estonia, di mana kru Finlandia mengklaim kemenangan kelima mereka dalam enam reli. Di pertengahan musim, keunggulan kejuaraan mereka mencapai 83 poin.
Lalu pindah ke Reli Finlandia, yang didominasi Toyota selama lima tahun terakhir. Namun Tanak dan Jarveoja dari Hyundai merusak itu dan memimpin lomba dari awal sampai akhir untuk mengamankan kemenangan keduanya musim ini dan juara dunia 2019 itu naik ke posisi kedua.
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"