Olahraga

WSBK 2023 Dimulai Sekarang, dari Tes Jerez


KONTEKS.CO.ID – WSBK 2023 dimulai sekarang, Kamis 1 Desember 2022, di mana tim peserta dan pembalap akan mengaspal dalam sesi tes musim dingin.

Dua tim pabrikan dan satu tim independen akan menuju ke Sirkuit Jerez di selatan Spanyol untuk melakoni pengujian selama dua hari guna memulai musim 2023 mereka pada Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK).

Tes musim dingin di Jerez pada 1-2 Desember 2022, merupakan tes pramusim pertama bagi tim peserta WSBK 2023.

Hanya 11 hari setelah musim WSBK 2022 berakhir, ada tiga tim yang akan mengaspal pada tes musim dingin Jerez.

Kawasaki Racing Team WorldSBK dan BMW Motorrad WorldSBK Team akan bergabung dengan tim independen Kawasaki Puccetti Racing dalam tes musim dingin Jerez.

Tes dua hari di Jerez ini, akan menandai momen penting dalam kalender saat mata sepenuhnya beralih ke kampanye WSBK 2023, yang nantinya dimulai pada Februari di Sirkuit Phillip Island, Australia; tempat yang sama saat mengakhiri kampanye WSBK 2022.

BACA JUGA:   Hasil Superpole Race WSBK Australia 2022: Taktik Brilian di Trek Setengah Basah

Akan ada banyak item baru untuk dicoba oleh ketiga tim saat persiapan untuk musim depan dimulai dengan sungguh-sungguh pada awal Desember 2022, karena tim, pembalap, dan pabrikan semuanya ingin memulai dengan cara terbaik.

Setelah finis kedua di musim 2021 dan ketiga di 2022, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) akan berusaha untuk kembali ke puncak klasemen musim depan.

Tes pertama di Jerez akan memberinya batu loncatan menuju tahun depan. Dia akan bergabung dengan rekan setimnya Alex Lowes yang mengakhiri musim WSBK dengan dua podium di Australia.

Dengan Rea mengakhiri paceklik kemenangannya di putaran Australia dan Lowes berjuang untuk meraih kemenangan, tes Jerez bisa jadi batu loncatan bagi duo KRT untuk memulai WSBK 2023 dengan posisi kaki di depan.

Mereka akan bergabung dengan BMW Motorrad WorldSBK Team pada tes dua hari di Jerez. BMW bakal menghadirkan motor M 1000RR yang telah diperbarui untuk WSBK 2023

BACA JUGA:   Usai Liburan dan Jumpa Fan, Pembalap Siap Tarung di WSBK Mandalika 2022

Mungkinkah motor tersebut jadi pandangan pertama dari motor penantang baru mereka? Patut diingat bila BMW merupakan salah satu tim yang memiliki status konsesi super pada 2022 dan berharap untuk melepaskannya musim depan.

Scott Redding akan menjalani tes musim dingin WSBK 2023 di Sirkuit Jerez pada 1-2 Desember 2022. (Foto: BMW Motorrad WorldSBK Team)
Scott Redding akan menjalani tes musim dingin WSBK 2023 di Sirkuit Jerez pada 1-2 Desember 2022. (Foto: BMW Motorrad WorldSBK Team)

Kepala Tim BMW, Shaun Muir, seperti dilaporkan situs resmi WorldSBK, mengatakan bila di FP2 WSBK Argentina, Sirkuit San Juan Villicum, sudah ada beberapa item baru yang mereka bawa ke sana yang akan dibawa lagi untuk diuji dalam tes Jerez.

Jadi tes Jerez bisa menjadi sangat penting untuk memulai 2023 dengan cara yang benar, dengan Scott Redding sebagai satu-satunya pembalap BMW di trek pada tes ini. Sedangkan rekan setimnya, Michael van der Mark belum diketahui apa penyebab absennya di tes Jerez.

BACA JUGA:   Tim Yamaha Siap Tempur: Mau Balas Dendam di WSBK 2023

Tes Jerez juga merupakan kesempatan pertama untuk melihat Tom Sykes kembali beraksi di mesin motor produksi 1.000cc saat ia bergabung dengan skuat Kawasaki Puccetti Racing untuk WSBK 2023.

Membawa sejumlah besar pengalaman untuk tim, juara dunia Superbike 2013 itu akan berharap untuk memulai dengan ZX-10RR saat ia kembali setelah setahun berkompetisi di British Superbike.

Bagi Tom Sykes, ini akan menggeber lagi mesin Kawasaki untuk pertama kalinya sejak 2018, setelah berkompetisi dengan BMW antara 2019 dan 2021 di WSBK, dan memacu Ducati Paginale V4R di British Superbike 2022.***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi