KONTEKS.CO.ID – Bursa pembalap MotoGP 2024 memanas jelang perhelatan MotoGP Inggris 2023 akhir pekan ini di Sirkuit Silverstone. Selengkapnya di sini.
Bursa pembalap MotoGP 2024 memanas dengan beberapa rumor silly season tampaknya akan diselesaikan pada akhir pekan MotoGP Inggris 2023.
Ini adalah rumor silly season MotoGP yang bisa berdampak besar pada susunan pembalap 2024.
Ducati
Setiap spekulasi bahwa Enea Bastianini – yang musim pertamanya sebagai pembalap pabrikan telah dirusak oleh cedera – dapat digantikan musim depan, telah ditutup oleh Ducati yang akan tetap percaya padanya dan Francesco Bagnaia.
Jorge Martin dari Pramac sekarang bersiap untuk bertahan meski awalnya menggoda Yamaha.
Rekan setimnya Johann Zarco masih bisa dikorbankan untuk memprioritaskan pembalap Ducati yang lebih muda – dia mungkin terpaksa menggunakan motor spek 2023 pada 2024 untuk mendukung Marco Bezzecchi.
Zarco telah dikaitkan dengan kepindahan ke WSBK jika Ducati perlu mengosongkan ruang di jajaran pembalap kelas bergengsi yang mereka miliki.
Sedangkan Alex Marquez dan Fabio di Giannantonio sama-sama akan melihat kontrak mereka di Gresini Racing berujung pada akhir musim ini, tetapi diperkirakan hanya satu yang akan dipertahankan. Itu kemungkinan besar adalah Alex Marquez.
Bintang Moto2 Tony Arbolino bersiap untuk mengambil kursi Di Giannantonio atau bisa jadi Franco Morbidelli, dengan Diggia bersiap pergi mungkin ke LCR, WSBK atau Moto2.
Sementara itu, musim terobosan tim Mooney VR46 – mereka memenangkan balapan MotoGP pertama mereka di Argentina dan masih bisa memahkotai juara 2023 jika Marco Bezzecchi berhasil – telah menyebabkan beberapa sakit kepala di dalam Ducati.
Bezzecchi membuat keinginannya jelas untuk motor pabrikan. Ia dianggap akan pindah ke Pramac untuk mewujudkan keinginan itu, atau bahkan ke Yamaha.
Tapi, sebaliknya, tampaknya Ducati akan mengizinkannya untuk tetap berada di dalam VR46 (pilihannya) saat mengendarai Desmosedici spek terbaru musim depan. Adapun tempat Luca Marini aman di tim yang dijalankan kakak tirinya Valentino Rossi.
Honda
Marc Marquez sedang dalam kesepakatan dengan bayaran tertinggi di MotoGP yang berlangsung hingga akhir 2024.
Namun rumor tetap beredar bahwa dia bisa berganti tim musim depan, mengingat ia berupaya mendapatkan motor pemenang demi menyamai rekor 7 gelar kelas bergengsi Valentino Rossi.
KTM adalah tim yang paling banyak dikaitkan dengannya meskipun mereka telah menyangkalnya – walau tanpa sepenuhnya menutup pintu pada juara MotoGP enam kali itu.
Joan Mir, rekan setim Marquez di Repsol Honda, sempat dikaitkan dengan langkah Gresini Racing untuk mengakhiri musim debut mimpi buruknya bersama Honda. Namun kini sepertinya dia bukan kandidat untuk bergabung dengan jajaran Ducati.
Alex Rins dari LCR Honda diharapkan memenangkan perlombaan untuk bergabung dengan Yamaha – langkah itu bahkan dapat dikonfirmasi di Silverstone akhir pekan ini atau mungkin beberapa hari sebelumnya.
Takaaki Nakagami, rekan setim Rins, adalah satu-satunya pembalap Honda yang cukup fit untuk balapan terakhir kali namun dia bisa kehilangan kursinya dengan Ai Ogura sudah menunggu.
Yamaha
Dengan hanya dua motor di grid, dan tidak ada prospek tim satelit pada 2024, Fabio Quartararo akan tetap menjadi pembalap utama mereka dan mengharapkan mesin serta aerodinamika yang lebih baik.
Tapi Yamaha tahu bahwa dia tidak akan senang tinggal jika mereka tidak bisa memberinya motor yang lebih kompetitif.
Franco Morbidelli, rekan setim Quartararo, terus-menerus dikaitkan dengan kepergiannya sepanjang musim dan hal itu tampaknya tak terelakkan seturut prestasinya bersama tim pabrikan, plus mimpinya menunggangi Ducati.
Kontrak Morbidelli akan habis pada akhir musim ini, dan Alex Rins di ambang menggantikannya.
Yamaha telah menawarkan Morbidelli kursi di WSBK tetapi dia masih belum menerimanya karena dia menginginkan kursi MotoGP. Satu-satunya pilihan yang jelas tampaknya adalah Gresini Racing atau LCR Honda.
KTM
Aspek yang menarik dari bisnis KTM adalah pengakuan mereka bahwa mereka mencoba – dan gagal – membeli LCR untuk ditambahkan sebagai tim satelit mereka sendiri.
Itu dikabarkan menjadi tempat pendaratan untuk Marc Marquez dan Pedro Acosta tetapi, untuk saat ini, itu adalah mimpi, seturut Dorna Sports tidak mewujudkannya.
Penambahan talenta remaja Acosta membuat KTM pusing. Di mana menemukan kursi ajaib yang brilian buat talentanya?
Jack Miller dan Brad Binder dikontrak jadi dijamin tetap sebagai pembalap pabrikan.
Pol Espargaro dari Tech3 GASGAS menjalani dua musim kontrak, jadi akan tetap tinggal, tetapi belum balapan sama sekali musim ini karena cedera parah.
Siapa yang tahu berapa banyak tersisa dari dalam tangki Espargaro untuk masa depannya di KTM Group?
Augusto Fernandez awalnya tampak menjadi korban keinginan Acosta untuk mendapatkan kursi MotoGP, tetapi kontraknya kini telah diperpanjang hingga 2024.
Acosta dapat ditempatkan di LCR Honda musim depan sebelum KTM mempertimbangkan untuk membawa tim satelit tersebut di bawah payung mereka sendiri pada 2025.
Banyak kartu yang bergerak dan masih bisa dimainkan untuk KTM.
Aprilia
Tidak akan ada perubahan di Aprilia yang adem ayem. Pasangan pabrikan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, serta Miguel Oliveira dan Raul Fernandez dari RNF, sudah terkunci untuk 2024.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"