KONTEKS.CO.ID – Biodata Toni Elias. Ia baru saja memutuskan berhenti dari kegiatan balap motor dunia. Teraktual dari MotoAmerica 2023.
Biodata Toni Elias, pembalap yang semasa jayanya di MotoGP bisa mengalahkan Valentino Rossi di Estoril 2006 melalui foto finis.
Setelah mengisyaratkan niatnya untuk pensiun setelah putaran Road America MotoAmerica Superbike awal bulan ini, mantan juara MotoGP Toni Elias secara resmi mengucapkan selamat tinggal pada balap motor.
Profil Toni Elias
Berikut Biodata Toni Elias. Antonio “Toni” Elias Justicia lahir di Manresa, Spanyol, pada 26 Maret 1983. Ia adalah pembalap sepeda motor profesional Spanyol dan juara perdana Kejuaraan Dunia Moto2.
Dia adalah anggota ketiga dari keluarga Elias yang berkompetisi di balap motor. Di musim 2023, ia menggeber Suzuki GSX-R1000 di MotoAmerica AMA Superbike Championship, kejuaraan yang ia menangkan pada 2017.
Karier balap Toni Elias
Toni Elias mulai balapan di Kejuaraan Dunia 125cc pada 2000 pada usia 17 tahun, finis ke-3 pada 2001 dan meraih kemenangan pertamanya di Dutch TT di sirkuit Assen yang bergengsi. Dia naik kelas ke 250cc untuk 2002, finis ke-4 tahun itu, ke-3 setahun kemudian, dan ke-4 pada 2004.
Pada 2005 ia naik kelas ke MotoGP bersama tim Fortuna Yamaha. Pada 2006 dan 2007 dukungan Fortuna telah memberinya tumpangan untuk Gresini Honda bersama runner-up MotoGP 2005, Marco Melandri.
Dia hanya meraih satu podium pada 2006, meskipun yang pertama, dan sejauh ini, hanya itulah satu-satunya kemenangan di kategori teratas. Yakni kala mengalahkan Valentino Rossi di MotoGP Estoril 2006 melalui foto finis.
Setelah naik podium di paruh pertama MotoGP 2007, dia jatuh di Assen, mematahkan kakinya, menyabotase musimnya namun ia berhasil kembali naik podium di Motegi.
Setelah menghabiskan musim 2008 dengan tim Alice Ducati, Elias kembali ke Gresini Honda untuk tahun 2009, menggantikan Shinya Nakano untuk membalap bersama Alex de Angelis.
Untuk tahun 2010 dia pindah ke kelas baru di Kejuaraan Dunia Balap Motor Grand Prix, Moto2, dengan motor Moriwaki untuk Gresini.
Dia kompetitif dalam pengujian pra-musim sebelum kecelakaan berat mengancam untuk menggagalkan statusnya sebagai favorit gelar.
Dia menang di Le Mans setelah balapan kacau yang juga dipimpin oleh Alex Debon dan Jules Cluzel. Dia mengklaim memimpin dalam kejuaraan setelah menang ini, dan tidak melepaskannya untuk sisa musim, merebut Kejuaraan Dunia Moto2 perdana di Grand Prix Malaysia dengan tiga putaran tersisa.
Kembali ke MotoGP
Dia kembali ke grid MotoGP pada 2011 dengan Tim LCR, mengendarai Honda RC212V tapi malah menandai musim terburuknya di kelas MotoGP, hanya mencetak 61 poin dan finis ke-15 di kejuaraan.
Dia meninggalkan Tim LCR, dan kembali ke Moto2 pada 2012 bersama Tim Aspar, tim yang ia bela di kelas 250cc. Namun usai seri Mugello, mereka mengakhiri kerjasamanya.
Pada 24 Juli 2012, Pramac Ducati mengumumkan bahwa Elias akan menggantikan Hector Barbera yang cedera hingga dianggap fit untuk balapan.
Kemenangan pertama di MotoGP yang abadi dan fatal buat Rossi
Elias memenangkan balapan kelas utama pertamanya pada 15 Oktober 2006 dengan lap terakhir yang fantastis di MotoGP Portugal di Estoril 2006.
Elias yang start dari posisi ketiga, terlibat pertarungan sengit dengan Valentino Rossi dan Kenny Roberts Jr hingga akhir lomba.
Rossi yang memimpin di belokan terakhir lap terakhir, disalip oleh Elias di trek lurus. Dalam penyelesaian yang membutuhkan pemutaran ulang video dan foto finis, Elias menyentuh garis finis terlebih dulu 0,002 detik di depan The Doctor – julukan Valentino Rossi.
Itu adalah salah satu penyelesaian terdekat dalam sejarah MotoGP, dan cara yang bagus bagi Elias untuk mengamankan kemenangan perdananya di kelas utama. Kemenangan ini membantunya mendapatkan perpanjangan kontrak, yang sempat diragukan sebelum kemenangan di Estoril, dengan Honda dan Fausto Gresini untuk musim MotoGP 2007.
Elias pun tercatat sebagai pembalap non-pabrikan terakhir yang memenangkan balapan sampai Jack Miller menang untuk Marc VDS Racing Team di MotoGP Belanda 2016.
Ternyata, kemenangan Elias membuat Rossi kehilangan lima poin, yang merupakan jumlah poin pasti yang akan diselesaikan Rossi di belakang Hayden pada akhir MotoGP 2006.
2015 jadi musim pemungkasnya di kelas bergengsi di mana ia hanya mengikuti satu balapan di Indianapolis bersama Honda, lalu lima balapan akhir musim bersama tim Forward Yamaha.
Karier di WSBK
Elias sempat berkarier di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) bersama Aprilia. Pertama di empat putaran terakhir musim 2013 dengan finis terbaik keempat.
Lalu pada 2014 ia turun semusim penuh dan hanya absen di dua putaran terakhir dan menempati peringkat 9 di klasemen kejuaraan dengan 171 poin.
Karier di MotoAmerica
Pada 2016, Elias masuk dalam kategori balap MotoAmerica Superbike untuk tim Yoshimura Suzuki Factory Racing menggunakan nomor 24, bersama rekan setimnya Roger Hayden.
Dia mengambil tempat pertama dalam tiga balapan pertama musim ini setelah dipanggil untuk tugas pengganti.
Elias memenangkan kejuaraan Superbike pada 2017 dengan 10 kemenangan dan 18 podium, tidak pernah finis lebih rendah dari tempat kedua untuk balapan mana pun di mana ia mengambil bendera kotak-kotak.
Ia mengumumkan pengunduran dirinya dari balap MotoAmerica Superbike pada akhir musim 2020 setelah 32 kemenangan karier dan 60 podium untuk Suzuki.
Tapi pada 2021 hingga 2023, Elias sempat beberapa kali membalas untuk Ducati, Yamaha, dan kembali ke Suzuki sebelum akhirnya memutuskan pensiun pada Juni 2023.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"