KONTEKS.CO.ID – Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri mencapai 87,8% berdasarkan hasil survei Litbang Kompas. Data survei memperlihatkan bahwa sembilan dari sepuluh responden puas terhadap pelayanan Polri kepada masyarakat.
“Tak kurang 87,8% publik menyatakan puas atas kinerja yang ditunjukkan oleh Polri. Kinerja Polri dalam melayani publik mendapatkan apresiasi paling tinggi,” tulis survei Litbang Kompas yang dikutip pada Selasa, 26 Desember 2023.
Data survei ikut menunjukan bahwa tugas Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban (kamtibmas) juga dinilai sangat positif oleh publik.
Bahkan lebih dari 89% responden sepakat menyatakan puas dengan upaya Polri dalam menjaga kamtibmas. Sementara untuk penegakan hukum, empat dari lima responden menilai sangat puas dengan apa yang dilakukan Polri.
Kemudian terhadap pelayanan pengaduan masyarakat, angka kepuasan masyarakat mencapai 68,7%. Menurut masyarakat, pengaduan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung kantor polisi. Meski ada 16,8% responden memilih melakukan pengaduan lewat media sosial.
model jawaban multiple response, selain datang langsung ke kantor polisi, sekitar seperlima bagian responden menjawab pengaduan dapat melalui layanan call center Polri,” ujar keterangan dari survei.
Secara keseluruhan hasil survei menunjukan bahwa evaluasi kinerja Polri mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat. Ini memperlihatkan bahwa komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menghadirkan personel yang profesional telah terealisasi.
“Apa yang terefleksi dalam kinerja yang ditunjukkan oleh Polri tersebut juga semestinya menjadi bentuk konfirmasi bahwa upaya pembenahan, termasuk pengawasan melekat dalam internal institusi, telah berjalan apik,” jelas survei tersebut.
Hasil survei juga menjelaskan pengawasan yang dilakukan dalam rangka mencegah dan menindaklanjuti pelanggaran oleh anggota polisi telah terbukti dilakukan secara konsisten. Hal ini tecermin dari pelayanan aduan masyarakat yang dihadirkan.
Namun layanan pengaduan pelanggaran anggota memang masih harus diperbaiki. Respons pengaduan serta kemudahan akses layanan aduan mendapat sorotan paling tinggi. Masyarakat masih ada yang berharap ada perbaikan dari sisi transparansi proses pengaduan.
Selain kemudahan akses di awal proses pengaduan, publik tampaknya juga mengharapkan proses berjalannya pengaduan dapat terus terinformasi dengan baik secara terbuka.
“Sekalipun demikian, secara umum apresiasi publik tergolong tinggi, mencapai tak kurang dari 85% responden menyatakan puas terhadap layanan pengaduan pelanggaran anggota Polri,” ungkapnya.
Survei masyarakat ini dilakukan secara tatap muka pada 22 Oktober-15 November 2023. Survei dilakukan terhadap 100 responden untuk setiap wilayah Polda dengan total keseluruhan 3.400 responden masyarakat umum menunjukkan capaian sangat positif bagi kinerja Polri.
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"