Lifestyle

Ketahui, Apa Itu Posesif

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Posesif adalah sifat memiliki yang berlebihan terhadap seseorang. Menurut KBBI posesif bisa diartikan juga dengan mempunyai sifat cemburu. Kata ini identik dengan perilaku seseorang terhadap pasangannya dimana ia terlalu mengatur, membatasi hingga melarang tindakan dari pasangannya.

Pengertian secara umum, posesif adalah sifat seseorang yang selalu merasa menjadi pemilik. Orang ini cenderung menunjukan sifat mendominasi sesuatu, bahkan sampai mengontrol kehidupan seseorang. Dia selalu merasa ingin memiliki secara berlebihan.

BACA JUGA:   Cara Efektif Mengatasi Gejala OCD Yang Kambuh

Dalam sebuah hubungan, setiap pasangan memiliki rasa saling percaya, peduli, dan dapat diandalkan. Cara tersebut membuat hubungan lebih baik dan saling melengkapi.

Faktor munculnya posesif bisa muncul karena gaya keterikatan. Orang yang memiliki kecemasan, cenderung berpandangan negatif pada diri mereka.

Kecemasan memunculkan rasa kekhawatiran pada pasangan. Beberapa orang mengalami kekhawatiran ditinggalkan dan tidak mempercayai pasangan. Mereka bisa ketakutan karena mengalami penolakan.

Dapat dipastikan bahwa perlakukan seseorang yang berlebihan atau posesif tentu akan membuat kita menderita secara psikologis dan fisik, karena tindakannya yang di luar batas. 

BACA JUGA:   Inilah Perbedaan Nolep dengan Sifat Introvert

Dan bila pasanganmu tiba-tiba melarang kamu pergi tanpa alasan yang jelas, apalagi sampai memeriksa percakapan pada pesan singkat di polsel kamu, bisa jadi orang posesif ini ada di depan kamu.***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"
Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi