KONTEKS.CO.ID – Keyakinan konsumen yang tercermin dalam Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2022 sebesar 119,1 menunjukkan kestabilan.
Keyakinan konsumen yang dirilis dalam laman resmi Bank Indonesia memperlihatkan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) dibulan lalu ada di zona optimis (>100) sebesar 127,9. Namun, angka ini sedikit lebih rendah dari 128,3 pada Oktober 2022.
“Besarnya ekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja yang ditunjukkan indeks sebesar 132,0 dan 126,4 pada November 2022 membuat ekspektasi konsumen optimis,” kata kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono.
Meski demikian, Indeks ekspektasi kegiatan usaha pada bulan bulan berikutnya terlihat menurun pada seluruh kelompok pengeluaran responden kecuali pada responden dengan pengeluaran Rp 4,1-5 juta per bulan.
Indeks menunjukkan penurunan berdasarkan kelompok usia responden, dengan penurunan terbesar pada responden berusia 51-60 tahun. Penurunan indeks juga terjadi pada indeks penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, maupun pembelian barang tahan lama. ***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"