KONTEKS.CO.ID – Jagat maya diramaikan dengan keluhan nasabah PT Bank Syariah Indonesia (BSI) terkait layanan aplikasi Byond yang dinilai sering bermasalah.
Sejumlah pengguna menumpahkan kekesalan di media sosial karena aplikasi kerap error, bahkan saat dibutuhkan untuk transaksi penting.
Keluhan mencuat sejak awal pekan ini. Banyak nasabah mengaku kesulitan melakukan pembayaran, termasuk pembelian token listrik maupun top-up dompet digital.
Baca Juga: SuperApp Byond by BSI Down Berhari-hari, Nasabah: Erornya Awet ya
Tak sedikit transaksi yang gagal meskipun saldo sudah terpotong.
“Top up Gopay gagal tapi saldo BSI sudah kepotong dan belum masuk. Tolong dibantu,” keluh akun X bernama @esclavod pada Selasa, 3 September 2025.
Masalah serupa juga diutarakan pemilik akun @Dnszh11.
Baca Juga: Cara Buka Blokir Dormant di Rekening BRI, Mandiri, BNI, BSI, dan BTN
“Byond lu kenapa dah error mulu, cape asli. Mau bayar pakai QRIS susah, beli token juga ribet. Bukannya mempermudah, malah mempersulit hidup orang,” tulisnya.
Selain soal error dan transaksi gagal, banyak nasabah menyoroti kurangnya informasi dari pihak bank saat aplikasi dalam perbaikan.
Beberapa warganet meminta kejelasan mengenai jadwal maintenance agar bisa mengantisipasi kebutuhan transaksi.
Baca Juga: UMKM Panen Cuan! BSI Targetkan Transaksi Fantastis Rp290 Miliar di Expo Internasional
“Bisa tidak kalau maintenance kasih info dulu, mulai kapan sampai kapan. Jadi nasabah bisa alihkan dana ke rekening lain,” protes akun @wisga di Instagram resmi BSI.
Gelombang kritik ini semakin meluas dengan banyaknya warganet yang merasa kecewa, bahkan ada yang menyatakan ingin menutup rekening jika permasalahan berulang.