KONTEKS.CO.ID – Biznet, salah satu penyedia layanan internet kabel di Indonesia, telah mengikuti langkah beberapa perusahaan sejenis dengan menerapkan kebijakan batas pemakaian wajar (Fair Usage Policy/FUP).
Kebijakan ini mulai diterapkan pada awal tahun ini. Sebelumnya, Biznet menawarkan layanan internet tanpa batasan FUP setiap bulannya.
Namun, dengan adanya FUP, pelanggan yang melewati batas pemakaian wajar akan mengalami penurunan kecepatan internet. Kecepatannya akan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Paket Internet dengan Kuota Biznet Fair Usage Policy
Seiring dengan penerapan kebijakan FUP, setiap paket internet Biznet kini terlengkapi dengan kuota. Sebagai contoh, paket Biznet Home Internet 0D ditawarkan dengan harga Rp250.000 dengan kuota 1.500 GB per bulan dan kecepatan 50 Mbps.
Setelah kuota habis, pelanggan masih dapat menggunakan internet dengan kecepatan 5 Mbps. Namun, bagaimana cara bagi pengguna untuk memeriksa sisa kuotanya?
Cara Cek Kuota Biznet
Pelanggan dapat dengan mudah mengecek sisa kuota internet Biznet mereka dengan mengakses portal MyBiznet.
MyBiznet adalah aplikasi web-based yang memberikan akses kepada pelanggan untuk melihat informasi seperti sisa kuota internet, masa aktif layanan, riwayat pembayaran, dan informasi lainnya seputar layanan Biznet.
Untuk masuk ke portal MyBiznet, pelanggan perlu menggunakan email yang terdaftar di sistem Biznet sebagai username dan memasukkan password. Berikut adalah langkah-langkah cara cek kuota Biznet:
- Buka portal MyBiznet (https://app.biznet.id/)
- Masukkan username dan password
- Lihat sisa kuota yang tertera di tampilan utama
Pengiriman Username dan Password Secara Bertahap
Pihak Biznet mengirimkan username dan password untuk akses ke portal MyBiznet melalui email kepada masing-masing pelanggan secara bertahap.
Namun, belum semua pelanggan menerima email pemberitahuan tersebut. Biznet menjelaskan bahwa pengiriman username dan password berlangsung secara bertahap dan akan mereka kirim ke email yang terdaftar di sistem mereka.
Masalah dan Solusi
Kendala distribusi email bisa menjadi penyebab sebagian pelanggan belum dapat mengakses portal MyBiznet untuk mengecek kuota. Namun, pelanggan dapat menghubungi tim Customer Service (CS) Biznet melalui telepon, email, atau live chat untuk bantuan lebih lanjut.
Biznet Home Care dan Biznet Customer Care adalah dua opsi yang tersedia untuk pelanggan Biznet Home dan Metronet, masing-masing dengan kontak yang tertera.
Kesadaran Penggunaan Internet Biznet Fair Usage Policy
Langkah-langkah seperti penerapan FUP dan cara cek kuota Biznet merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran akan penggunaan internet yang bijaksana.
Dengan informasi yang jelas dan akses mudah untuk memantau pemakaian internet, harapannya pelanggan dapat mengelola penggunaan mereka dengan lebih efisien dan bertanggung jawab.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"