KONTEKS.CO.ID – Alibaba.com tengah berusaha memperluas penetrasi pasar di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, dengan menawarkan promo ongkos kirim hingga 50% pada awal tahun 2024.
Tujuan utamanya adalah untuk menjadi pesaing bagi platform TikTok dan Tokopedia yang sedang dalam proses penggabungan.
Roger Luo, Head of Southeast Asia Alibaba.com, mengungkap bahwa perusahaan sedang menggelar festival yang menawarkan berbagai diskon dan promosi khusus hingga tanggal 29 Januari 2024.
Tujuannya adalah memotivasi para pelaku bisnis agar memanfaatkan penawaran tersebut untuk memaksimalkan margin penjualan.
Potensi Pasar Indonesia dalam E-Commerce
Indonesia telah menjadi pasar e-commerce yang signifikan di Asia Tenggara. Data dari laporan Google dan Bain& Company memperkirakan nilai ekonomi digital Indonesia pada 2023 USD82 miliar atau Rp1.292 triliun. Sekitar 75% dari nilai tersebut berasal dari sektor e-commerce.
Festival yang digelar oleh Alibaba.com bertujuan untuk membantu pelaku usaha di Asia Tenggara dalam menjaga ketersediaan produk mereka. Terutama dalam mengantisipasi peningkatan permintaan menjelang Hari Imlek.
Salah satu promo spesial yang tertawarkan selama festival adalah subsidi logistik. Di mana sebagian besar produk yang TEterkirim ke Indonesia akan mendapatkan diskon 50% pada biaya pengiriman.
Hal ini diharapkan dapat memberikan margin keuntungan yang lebih besar bagi pelaku bisnis serta memenuhi permintaan konsumen di Indonesia.
Alibaba.com: Potensi Pertumbuhan Produk Tertentu
Alibaba.com juga mengungkapkan lima kategori produk yang paling populer dengan potensi pertumbuhan tinggi di tahun tersebut.
Kategori-kategori ini meliputi parfum, makanan hewan, peralatan rumah, peralatan pesta dan festival, serta kebutuhan camping dan hiking.
Luo menyampaikan bahwa umumnya terjadi peningkatan belanja di Asia Tenggara menjelang Imlek, dan tren ini juga terjadi pada tahun ini.
Data dari internal menunjukkan peningkatan lalu lintas sebesar 50% dari Asia Tenggara pada Desember 2023 ketimbang Oktober pada tahun yang sama.
Selain itu, unduhan aplikasi Alibaba.com juga mengalami kenaikan signifikan sejak November di wilayah tersebut.
Antisipasi Peningkatan Permintaan B2B
Tren peningkatan trafik dan unduhan aplikasi menjadi indikasi kuat akan meningkatnya permintaan terhadap produk dan layanan business to business (B2B) menjelang perayaan Imlek.
Alibaba.com berupaya memperluas pangsa pasar di wilayah ini dengan menyesuaikan promosi dan strategi penjualan.
Melalui festival promosi ini, Alibaba.com berharap dapat memperluas pangsa pasarnya di Asia Tenggara. Khususnya di Indonesia, sambil memberikan insentif bagi pelaku bisnis untuk memperluas penjualan mereka di platform ini.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"