KONTEKS.CO.ID – Penumpang pesawat maskapai AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 753 tujuan Bandung-Denpasar, mengeluhkan bagasi tertinggal di Bandara Husein Sastranegara, Kamis 29 Juni 2023.
Video bagasi penumpang pesawat AirAsia tujuan Bandung-Denpasar tertinggal itu viral di media sosial.
Saat terbang, penumpang pesawat AirAsia tujuan Bandung-Denpasar rupanya tak mengetahui jika bagasi yang dibawa dan dititipkan ke maskapai ditinggal di Bandung.
Para penumpang yang sudah tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pun dibuat kaget.
Pasalnya, petugas baru menyampaikan bahwa bagasi mereka baru bisa diambil pada besok paginya.
Bagasi para penumpang masih berada di Bandung dan baru akan tiba di Bali pada Jumat, 30 Juni 2023.
Tak pelak, kejadian itu membuat seluruh penumpang menjadi emosi dan protes pada pihak manajemen Air Asia.
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan mengatakan, bagasi yang tercatat menjadi tanggung jawab maskapai yang mengangkut.
Berdasar informasi, sejumlah penumpang sudah menerima bagasi, pada Jumat 30 Juni 2023.
Namun, sebagian lainnya belum diketahui dengan jelas bagaimana nasib bagasi mereka selanjutnya.
Handy menegaskan teknis selanjutnya merupakan kesepakatan bersama antara maskapai dengan penumpang.
Biasanya penumpang akan meninggalkan bandara untuk selanjutnya diberikan kabar apabila bagasi sampai di bandara.
Salah seorang penumpang mengungkapkan, mendapat kabar jika sebanyak 40 koper penumpang sudah tiba di Bali.
“Tadi itu udah ada koper yang datang, cuma ada 40 katanya yang 108 kopernya itu nggak. Alasannya katanya untuk kita penerbangan dari Bandung, bandaranya kecil dan untuk pesawatnya itu penumpangnya full,” kata seorang penumpang bernama Cynthia kepada wartawan.
Pernyataan Pihak AirAsia
Pihak maskapai AirAsia menyampaikan permohonan maaf terkait keterlambatan penerimaan bagasi pada penerbangan Indonesia AirAsia rute Bandung-Denpasar QZ 753 pada 29 Juni 2023 dengan jadwal keberangkatan pukul 16.35 WIB.
“Dapat kami sampaikan bahwa karena adanya kondisi cuaca dan agar faktor keselamatan tetap terjaga, maka untuk penerbangan tersebut diatas, tim lapangan kami memutuskan untuk mengurangi beban pesawat dengan menurunkan sebagian bagasi penumpang,” ungkap AirAsia dalam keterangan tertulis.
“Bagasi tamu kami antarkan dengan penerbangan lain dan pagi ini sudah sampai di Denpasar untuk segera diantarkan langsung ke alamat para tamu,” sambungnya.
Disebutkan, keselamatan dan kenyamanan penumpang adalah komitmen Indonesia AirAsia.
Lantaran itu pihak AirAsia memastikan untuk menjalankan prosedur yang terbaik untuk menjamin keselamatan dan tetap menjaga kenyamanan penumpang.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"