KONTEKS.CO.ID – KTM RC 8C 2024 hanya akan ada 100 unit. Tak heran, prediksi harganya bakal menguras saldo tabungan peminatnya.
KTM baru saja meluncurkan sepeda balap RC 8C 2024 edisi terbatasnya. Meski pabrikan belum melakukan perubahan besar ketimbang model 2023, mereka mengklaim unit ini memiliki performa setingkat Moto2. Gendeng!
Hanya akan ada 100 RC 8C 2024 yang merek tawarkan, setengah dari jumlah pada tahun lalu. Dan jika Anda ingin mencobanya, laman Rideapart menyebutkan, Anda harus mengeluarkan Rp648 juta dan melakuan pemesanan online saat pre-order terbuka pada 20 Maret mendatang.
Inilah Semua yang Perlu Anda Tahu soal KTM RC 8C 2024
Khusus Trek
RC 8C khusus track edisi terbatas ini dibuat bersama dengan Krämer Motorcycles, sama seperti model sebelumnya. Dan, seperti yang Anda harapkan, itu berarti ia hadir dengan semua fasilitas trek seperti tangki pelepas cepat dan panel bodi, velg Dymag yang ringan, dan ban balap Pirelli.
Ada dasbor AIM MXS 1.2 RACE dan pencatat data dengan fungsi GPS internal untuk membuat Anda tetap mengetahui waktu putaran Anda. Pemilik dapat dengan mudah melihat semua informasi relevan di layar TFT 5 inci.
Beberapa orang beruntung yang memiliki salah satu senjata lintasan ini dapat menggunakan AIM RaceStudio untuk melihat metrik kinerja. Lalu berupaya menurunkan waktu putaran mereka.
Mesin, Sasis, dan Rem
Mesin penggerak RC 8C adalah mesin kembar paralel 889 cc yang sama dengan KTM yang digunakan pada model 2023. Tetapi KTM menyatakan mesin tersebut telah “ditingkatkan”.
Publik otomotif hanya dapat berasumsi bahwa tenaganya hampir mencapai 140 hp. Karena versi sebelumnya menghasilkan tenaga 135 hp dan torsi 72,3 lb-ft.
Dan tidak terragukan lagi ini akan menjadi salah satu motor dengan suara paling merdu di lintasan, berkat knalpot balap Akrapovic.
Rangka mesinnya adalah rangka tubular baja 25CerMo4 yang berbalut bodywork Carbon Kevlar terinspirasi dari KTM RC16. KTM tidak mencantumkan bobot trotoar, tetapi bobot keringnya hanya 308 lbs.
Tak heran, ada komponen suspensi WP serbabisa. Garpu kartrid tertutup 43 mm menjaga segala sesuatunya tetap terkendali di bagian depan. Sementara guncangan WP APEX PRO 7746 dengan pengatur preload jarak jauh akan menawarkan pengaturan kompresi dan rebound kecepatan tinggi dan rendah yang mudah pengguna sesuaikan di bagian belakang.
Untuk pengereman, KTM menyematkan satu set silinder rem master radial Brembo 19RCS CORSA CORTA yang mereka boyong dari MotoGP.
Di bagian depan, kaliper Brembo Stylema menggunakan cakram mengambang penuh 290 mm. Sedangkan kaliper dua piston Brembo bekerja dengan cakram 230 mm di bagian belakang. ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"