KONTEKS.CO.ID – Dokumen paten baru menunjukkan bahwa Honda CB1000R berikutnya akan menjadi motor sports kelas atas penantang BMW M 1000 R dan Ducati Streetfighter V4.
Sekadar informasi, Honda CB1000 Hornet berbingkai baja telah pabrikan kenalkan di pameran EICMA pada tahun lalu. Unit terjadwalkan mencapai tahap produksi pada akhir 2024 dan bertenagai mesin Fireblade spek 2019 yang telah di-detuned.
Situasi ini akan memudahkan pasar untuk percaya bahwa Honda CB1000R sedang menuju ke usia pensiun. Namun paten baru dari pabrikan mengisyaratkan bahwa mereka mungkin akan lebih berkelas dengan generasi baru.
Situs AMCN, Kamis 7 Maret 2024 melaporkan, pertama kali melihat sekilas desain ini pada 2022 ketika paten sebelumnya terajukan. Tetapi dokumen terbaru menunjukkan lebih banyak detail pada bodywork dan lampu depan.
Hal ini menegaskan bahwa meskipun menggunakan desain mesin dasar yang sama dengan CB1000 Hornet baru, Honda CB1000R berikutnya adalah mesin yang sangat berbeda.
Desainnya jelas menunjukkan rangka aluminium, bukan CB1000 Hornet yang berbingkai baja. Unit memiliki beberapa komponen kelas atas, termasuk lengan ayun satu sisi dan sayap besar di kedua sisinya, yang menunjukkan performa motor tinggi.
Desain dan Spesifikasi The Next Honda CB1000R
Honda belum mengungkapkan semua spesifikasi teknis CB1000 Hornet. Meskipun telah menunjukkannya di EICMA November lalu, Honda hanya mengatakan bahwa motor memiliki ‘lebih dari 110kW’ dan ‘lebih dari 100Nm’. Lalu mereka menjanjikan rincian lebih lanjut menjelang peluncurannya pada pertengahan tahun 2024.
Angka-angka tersebut mengirim sinyal kendaraan memiliki kekuatan yang serupa dengan CB1000R saat ini. Namun desain Hornet berarti memungkinkan harganya akan lebih terjangkau.
Mengenai masa depan CB1000R, pilihannya sederhana: dihentikan produksinya, meninggalkan Hornet untuk bersaing dengan Suzuki GSX-S1000, atau mengambil langkah maju untuk bersaing dengan Streetfighter milik Ducati V4 dan BMW S 1000 R serta M 1000 R. Desain ini mengarah pada opsi terakhir.
Kita telah mengetahui bahwa mesin Fireblade spesifikasi SC77, yang digunakan pada CB1000 Hornet dan juga ditampilkan dalam desain ini, mampu menghasilkan tenaga yang jauh lebih besar daripada 110kW yang teramalkan untuk Hornet.
Di Honda Blade, menghasilkan 141kW. Sayap kecil pada desain baru ini menunjukkan hal tersebut.
Versi baru ini mengusung beberapa ciri desain dari CB1000R, termasuk lengan ayun satu sisi, serta riffing pada CB650R dengan header knalpot empat-menjadi-satu.
Knalpotnya sendiri sangat khas, dengan saluran keluar ganda pada peredam yang sangat bergaya. Di bagian depan, lampu depan –yang pertama kali terlihat dalam paten ini– menggunakan dua LED untuk lampu utama dan lampu sorot rendah, berada di dalam lingkaran LED tambahan yang berfungsi sebagai lampu berjalan siang hari.
Desainnya mengingatkan pada 990 Duke terbaru KTM, karena cincin DRL terpisah dari lampu depan utama yang ada di dalamnya. Hal itu memungkinkan udara melewati celah di antara keduanya.
Ada juga saluran udara menarik di atas lampu utama, mengarahkan aliran ke celah tepat di bawah dasbor TFT dan mungkin ke kotak udara. Paten tersebut juga menetapkan bahwa sudut dasbor dapat tersesuaikan, dan terhubung ke ECU secara nirkabel. Sehingga menghasilkan tampilan yang lebih bersih.
Kita masih belum tahu kapan bisa melihat hasil dari paten ini. Namun pengembangan model ini telah berlangsung setidaknya selama dua tahun, jadi itu tidak akan lama lagi. ***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"