3KONTEKS.CO.ID – Spesifikasi Ducati Desmosedici GP23 yang mengantarkan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia meraih mahkota juara dunia MotoGP 2023 di seri pamungkas MotoGP Valencia 2023. Kemenangan ini menjadi klimaks dari musim balap yang penuh tekanan dan drama.
Tunggangan sang juara, Ducati Desmosedici GP23, memiliki spesifikasi andal sehingga menjadi kunci kesuksesan Francesco Bagnaia dalam perburuan gelar juara.
Ketika pesaing utamanya, Jorge Martin, mengalami kecelakaan pada lap keenam, pintu menuju gelar juara terbuka lebar untuk Bagnaia.
Dengan kepala dingin dan keterampilan mengemudi yang luar biasa, ia berhasil menyelesaikan balapan di posisi pertama, mengukuhkan dirinya sebagai Juara Dunia MotoGP 2023.
Spesifikasi Ducati Desmosedici GP23 Andalan Sang Juara
Pabrikan mengemas spesifikasi Ducati Desmosedici GP23 yang gahar. Motor memiliki mesin 1.000 cc, liquid-cooled, 90° V4, 4-stroke,
Desmodromic DOHC, four valves per cylinder menjadi inti keunggulan motor ini. Mesin Desmodromic mampu menghasilkan tenaga buas melebihi 250 daya kuda dengan kecepatan tertinggi mencapai lebih dari 350 km/jam. Kinerja mesin ini mendapat dukungan transmisi canggih Ducati Seamless Transmission.
Sistem pengabutan bahan bakar pada Ducati Desmosedici GP23 menggunakan teknologi Indirect electronic injection, four throttle bodies dengan injektor di atas dan bawah katup. Throttles yang teroperasikan oleh sistem double Ride by Wire memberikan respons mesin yang presisi.
Dengan bobot hanya 157 kg, Ducati Desmosedici GP23 mampu menaklukkan lintasan dengan lincah. Rahasianya terletak pada penggunaan sasis twin spar bermaterial aluminium yang berpadu dengan velg magnesium alloy. Bobot yang ringan ini sesuai dengan regulasi FIM, memastikan performa optimal dalam setiap balapan.
Bahan bakar menjadi aspek penting. Ducati Desmosedici GP23 menggunakan Shell Racing V-Power, sementara oli Shell Advance Ultra 4 merawat kesehatan mesin.
Dukungan suspensi dari Ohlins, dengan tabung luar karbon untuk suspensi depan, memberikan kestabilan dan penanganan yang luar biasa.
Suspensi belakang juga terlengkapi dengan fitur penyesuaian preload dan damping, memastikan motor dapat teratur sesuai dengan preferensi pembalap.
Dalam urusan pengereman, Ducati Desmosedici GP23 terandalkan pada rem Brembo dengan dua cakram berdiameter 340 mm di depan, terlengkapi kaliper empat piston.
Bagian belakang menggunakan cakram tunggal berbahan baja dengan kaliper dua piston, memberikan kendali penuh di setiap tikungan.
Dengan perpaduan spesifikasi yang mengesankan dan kepiawaian Francesco Bagnaia di atas lintasan, Ducati Desmosedici GP23 membuktikan dirinya sebagai mesin yang layak menyandang gelar juara dunia.
Prestasi ini tidak hanya menjadi keberhasilan Pecco Bagnaia, tetapi juga mengukuhkan posisi Ducati sebagai kekuatan dominan di jagat MotoGP.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"