KONTEKS.CO.ID – Berikut adalah sejarah MotoGP serta 10 momen penting dari gelaran balap motor Grand Prix periode 1949-1967.
Balap motor Grand Prix (Grand Prix Motorcycle Racing) adalah kelas utama dari acara balap motor jalanan yang diadakan di sirkuit jalan raya yang diprakarsai oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).
Acara balap sepeda motor independen telah diadakan sejak awal abad ke-20 dan acara nasional besar sering diberi gelar Grand Prix.
Yayasan Federation Internationale de Motocyclisme sebagai badan pengatur internasional untuk olahraga sepeda motor pada 1949 memberikan kesempatan untuk mengoordinasikan aturan dan peraturan agar acara yang dipilih dapat diperhitungkan dalam Kejuaraan Dunia resmi. Ini adalah kejuaraan dunia motorsport tertua yang pernah ada.
Sepeda motor Grand Prix adalah mesin balap yang dibuat khusus yang tidak tersedia untuk dibeli oleh masyarakat umum dan tidak dapat dikendarai secara legal di jalan umum.
Ini kontras dengan berbagai kategori balap berbasis produksi, seperti Kejuaraan Dunia Superbike dan Balap Isle of Man TT yang menampilkan versi modifikasi dari sepeda motor jalan raya yang tersedia untuk umum.
Divisi teratas balap motor GP sekarang dikenal sebagai MotoGP sejak 2002 ketika era mesin 4-Tak dimulai. Sebelum itu, kelas terbesar GP Motor adalah 500cc, keduanya membentuk rangkaian sejarah sebagai Kejuaraan Dunia resmi, meskipun semua kelas memiliki status resmi.
Kejuaraan saat ini dibagi menjadi empat kelas: MotoGP, Moto2, Moto3 dan MotoE. Tiga kelas pertama menggunakan mesin 4-Tak, sedangkan kelas MotoE (baru 2019) menggunakan sepeda motor listrik.
Berikut 10 momen penting dari balap motor GP periode 1949-1967 yang dikutip dari berbagai sumber.***
10 Momen Penting Balap Motor GP 1949-1967
1949
Dimulainya kejuaraan dunia balap motor Grand Prix untuk lima kategori terpisah, 125cc, 250cc, 350cc, 500cc dan sidecars.
Harold Daniell memenangkan balapan Grand Prix 500 cc pertama yang diadakan di Isle of Man TT.
1951
Kapasitas mesin sidecars dikurangi dari 600cc menjadi 500cc.
1957
Gilera, Mondial dan Moto Guzzi mengundurkan diri pada akhir musim dengan alasan kenaikan biaya.
Bob McIntyre memenangkan balapan Grand Prix terpanjang sejauh 301,84 mil (sekitar 485 km), diadakan lebih dari 8 lap di Isle of Man.
1958
MV Agusta memenangkan kejuaraan konstruktor dan pembalap di keempat kelas tunggal, suatu prestasi yang diulangi tim pada tahun 1959 dan 1960.
1959
Honda memasuki Isle of Man TT untuk pertama kalinya.
1961
Grand Prix Argentina 1961 adalah balapan kejuaraan dunia pertama yang diadakan di luar Eropa. Waktu itu mengambil venue di Autodromo Oscar Alfredo Galvez.
1963
Grand Prix Jepang 1963 adalah balapan kejuaraan dunia pertama yang diadakan di Asia. Waktu itu mengambil tempat di Sirkuit Suzuka.
1964
Grand Prix Amerika Serikat 1964 adalah balapan kejuaraan dunia pertama yang diadakan di Amerika Utara. Kala itu berlangsung di Daytona International Speedway.
1966
Honda memenangkan kejuaraan konstruktor di semua lima kelas solo.
Jim Redman memenangkan Grand Prix 500cc pertama Honda di Sirkuit Hockenheim, juga kemenangan pertama untuk pabrik Jepang di kelas utama.
1967
Tahun terakhir jumlah silinder dan roda gigi yang tidak dibatasi. Honda mundur sebagai protes.
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"