Olahraga

Hasil F1 GP Abu Dhabi 2022: Charles Ferrari Asapi Perez Red Bull

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Berikut hasil lomba terakhir musim ini, F1 GP Abu Dhabi 2022, di mana Charles Leclerc (Ferrari) mengasapi Sergio Perez (Red Bull Racing).

Ya, Max Verstappen mengakhiri Kejuaraan Dunia Formula Satu (F1) 2022 dengan gemilang. Itu setelah dia finis terdepan pada lomba F1 GP Abu Dhabi yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Uni Emirat Arab, Minggu 20 November 2022 malam WIB.

Juara F1 2021-2022 itu menyelesaikan lomba F1 GP Abu Dhabi dengan nyaman usai memimpin dari posisi start terdepan dan team order Red Bull Racing untuk Sergio Perez kembali tidak diterapkan.

Jalannya lomba, Verstappen menangkis Perez di Tikungan 1 dan menukar ban mediumnya dengan hard pada Lap 20, dengan pembalap Belanda itu menggunakan ban hard hingga akhir untuk meraih kemenangan ke-15 yang memperpanjang rekornya musim ini.

Adapun Perez dan Leclerc, yang poinnya sama dan berebut runner-up klasemen akhir, menampilkan pertarungan sengit. Perez masuk pit lebih awal untuk stop keduanya, sementara Leclerc bereaksi dengan memperpanjang lari keduanya dan memastikan strategi sekali pitstop.

BACA JUGA:   Kata Charles Leclerc setelah Diasapi Max Verstappen di Kandang Ferrari

Sang pembalap Red Bull lalu mendekati andalan Ferrari dengan empat lap tersisa tetapi tidak bisa melewatinya untuk P2. Perez pun finis ketiga dan gagal mengakuisi posisi runner-up yang digenggam Leclerc.

Carlos Sainz finis di urutan keempat saat Lewis Hamilton terpaksa mengembalikan P4 ke pembalap Ferrari itu setelah melebar di Tikungan 6 pada Lap 1. Itu membuat George Russell (Mercedes) finis di urutan kelima.

Pensiunnya Hamilton mempromosikan Lando Norris ke urutan keenam untuk McLaren, sementara Esteban Ocon berada di urutan ketujuh untuk Alpine, yang menempati urutan keempat dalam klasemen konstruktor meskipun Fernando Alonso gagal finis dalam balapan terakhirnya untuk Alpine.

Sedangkan strategi dua kali pitstop Lance Stroll membuatnya finis di urutan kedelapan, diikuti oleh Daniel Ricciardo finis di urutan kesembilan dan hanya enam sepersepuluh detik di depan Sebastian Vettel yang melakoni balapan terakhirnya di arena jet darat.

BACA JUGA:   Jadwal Balapan dan Prediksi F1 GP Abu Dhabi 2022

Yuki Tsunoda kehilangan poin dengan tugas terakhir pada soft yang gagal membuahkan hasil, sementara Alex Albon menikmati awal yang solid dan mengambil P12 di depan Zhou Guanyu dan Pierre Gasly yang memulai balapan dengan soft.

Valtteri Bottas finis di urutan ke-15 di depan Mick Schumacher, yang finis di urutan ke-16 dalam penampilan terakhirnya untuk Haas setelah mengambil penalti lima detik karena menabrak Nicholas Latifi (yang kemudian gagal finis). Kevin Magnussen berada di urutan ke-17 karena strategi satu pitstopnya gagal membuahkan hasil.

Verstappen, Leclerc, Perez, dan Vettel menutup balapan dengan beberapa donat selepas finis di trek lurus Yas Marina Circuit, sambil merayakan berakhirnya musim Formula 1 2022 di Abu Dhabi.***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"
Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi