KONTEKS.CO.ID – Spesifikasi Desmosedici GP23 ada dalam artikel Konteks. Momen bersejarah mewarnai lintasan Ricardo Tormo, Valencia pada Selasa 28 November 11) ketika Marc Marquez pertama kali menunggangi motor Ducati dalam uji coba pramusim.Â
Sebuah video yang dibagikan oleh akun resmi MotoGP memperlihatkan momen emosional tersebut di pit stop, di mana sejumlah orang berusaha mengabadikan momen bersejarah Marquez bersama Gresini Ducati.
Dalam video tersebut, Marquez terlihat tenang dan fokus saat mendekati motor yang dihiasi livery gelap dan merah dengan nomor 93 yang menjadi ciri khasnya. Dengan mantap, “Baby Alien” pun meluncur setelah memutar gas pada Ducati Desmosedici yang akan menjadi tunggangannya pada musim depan.
Keputusan Marc Marquez untuk beralih ke Gresini Ducati untuk MotoGP musim 2024 menandai langkah baru setelah resmi say goodbye ke tim Repsol Honda pada tahun ini.
Meskipun begitu, Marquez akan tetap menggunakan spesifikasi motor Ducati Desmosedici GP23 yang telah digunakan oleh Bagnaia dan Jorge Martin pada musim ini.
Spesifikasi Desmosedici GP23 Merajai Balapan MotoGP
Desmosedici GP23 telah mengalami beberapa penyesuaian dan pengembangan untuk disesuaikan dengan gaya balap Marquez. Meskipun secara visual tidak banyak perubahan pada bodi, motor mengalami penyetelan ulang. Ini terlaukkan pada beberapa bagian yang tersesuaikan dengan preferensi pembalap.
Marc Marquez harus mempersiapkan diri untuk menaklukkan karakteristik berbeda dari Ducati Desmosedici GP23. Motor ini berbeda dengan motor balap yang pernah ia kendalikan sebelumnya.
Ducati Desmosedici GP23 memiliki mesin V4 DOHC berkapasitas 1.000 cc yang mampu menghasilkan lebih dari 250 hp. Dengan bobot bodi yang sangat ringan, motor ini dapat melaju hingga kecepatan lebih dari 350 km per jam di trek lurus.
Kehadiran Marquez yang mengendalikan Desmosedici GP23 membangkitkan kegembiraan di pit lane. Pembalap ini terlihat tersenyum sumringah usai menjajal performa motor tersebut.
Paolo Ciabatti, Direktur Olahraga Ducati, dalam sebuah wawancara mengatakan, “Melihat Marc Marquez tersenyum setelah menggeber beberapa lap bersama Ducati, ini tidak mengherankan. Meskipun bukan pembalap termuda, dia juga tidaklah terlalu tua. Setelah beberapa musim yang menantang, dia hanya ingin menikmati balapan, dan saya yakin dia akan menikmati Ducati.”
Detail Teknis Motor Marc Marquez:
- Mesin: V4 1.000 cc DOHC berpendingin cairan
- Tenaga: lebih dari 250 hp
- Transmisi: Ducati Seamless Transmission
- Sasis: Aluminium
- Knalpot: Akrapovic
- Suspensi depan: Garpu terbalik Öhlins dengan penyangga karbon
- Suspensi belakang: Peredam kejut Öhlins
- Pelek: Magnesium dari Marchesini
- Ban: Michelin MotoGP
- Rem depan: Brembo, cakram berukuran 320/340/355 mm, kaliper rem empat piston
- Rem belakang: Brembo, cakram, kaliper dua piston
- Elektronik: ECU standar dari Magneti Marelli (sesuai dengan peraturan FIM)
- Bobot: lebih dari 157 kg (sesuai dengan peraturan FIM).***
Simak breaking news dan berita pilihan Konteks langsung dari ponselmu. Konteks.co.id WhatsApp Channel
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"