Nasional

Penyuluh Agama se-Kabupaten Bandung Dibekali Pengetahuan Moderasi Beragama

Qatar-Banget-Piala-Dunia

KONTEKS.CO.ID – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengingatkan penyuluh agama bahwa salah satu tantangan besar dalam kehidupan beragama saat ini adalah derasnya arus informasi.

Ace juga mengajak para penyuluh agama agar dapat memfilter arus informasi yang beredar di media. Pasalnya, banyak arus informasi tersebut yang mengarah pada perpecahan umat dan bangsa karena di dalamnya terdapat berita-berita hoax.

Tak hanya itu, Politisi Partai Golkar ini juga mengajak para penyuluh agama Islam untuk menunjukkan wajah Islam yang menjadi rahmat bagi seluruh alam.

“Dalam berbagai kesempatan saya menyampaikan tantangan terbesar kita saat ini adalah justru kita berhadapan dengan berbagai informasi yang luar biasa banyaknya. Tetapi kita tidak mampu untuk memfilter informasi itu,” jelas Ace pada acara Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama kepada para penyuluh agama se-Kabupaten Bandung, di Hotel Khatulistiwa Jatinangor, Kamis 24 November 2022.

BACA JUGA:   Ace Hasan Dorong Pemda Memiliki Sistem Deteksi Dini Bencana

Sebagai penyuluh agama, kata Ace, harus memiliki kecerdasan, pengetahuan, ilmu dan berbagai kajian-kajian yang memungkinkan untuk melakukan klarifikasi dan tabayun. Memastikan kembali apakah informasi-informasi itu benar.

“Karena kerap kali, bapak ibu sekalian, bangsa ini dipecah belah oleh berbagai pihak yang tujuannya adalah agar kerukunan umat beragama kita menjadi terkoyak-koyak,” ungkap Ace.

Karena itu Ace meminta penyuluh agama menunjukkan bahwa Islam Indonesia adalah Islam rahmatan lil alamin. Dan tanda-tanda menuju Islam rahmatan lil alamin yang genuine Indonesia, yang membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyatnya sudah mendekati pada tanda-tanda ke arah sana.

“Harapan kita, bahwa Indonesia menjadi baldatul thoyibatun wa rabbun ghafur. Sebagaimana dicita-citakan di dalam al-Qur’an itu betul-betul bisa kita wujudkan secara bersama-sama,” lanjut Wakil Rakyat Bandung dan Bandung Barat itu.

BACA JUGA:   Golkar Yakin KIB Punya Tiket Pemilu, Meski Belum Deklarasi Capres-cawapres

Ace juga mendorong para penyuluh agama dapat memastikan terciptanya kehidupan umat beragama yang harmonis. Oleh karena itu, menurutnya, kegiatan sosialisasi penguatan moderasi beragama ini sangat penting bagi masyarakat.

Dan tugas dari penyuluh agama adalah memastikan setiap gerak langkah di dalam masyarakat harus berada pada rel keagamaan yang sesungguhnya.

“Forum seperti sosialisasi moderasi beragama ini penting untuk terus menerus kita ingatkan. Kenapa? Untuk mengingatkan kepada kita bahwa kita harus betul-betul kembali kepada esensi beragama sebagaimana yang diajarkan Allah dan Rasulullah, dan para ulama yang telah meletakkan dasar-dasar kebangsaan kita,”pungkas Ace. ***



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di "Google News"

Author

Qatar-Banget-konteks-Piala-Dunia-2022

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi