Metro

Menjelang Nataru, Harga Beras dan Telur Ayam di Jakarta Naik


KONTEKS.CO.ID – Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) harga beras dan telur ayam di DKI Jakarta mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, tren kenaikan harga beras dan telur ayam itu terjadi menjelang Nataru.

“Menjelang Nataru 2022 terjadi tren kenaikan harga pangan. Komoditas pangan yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah beras dan telur ayam,” kata Suharini Eliawati, Kamis 1 November 2022.

BACA JUGA:   Jokowi Minta Stabilkan Harga Beras, Bulog Siap Jual Beras Premiun Rp8.300

Dikatakan Eli, kenaikan harga beras dan telur ayam disebabkan sejumlah faktor terutama imbas permintaan yang tinggi dan mempengaruhi stok.

“Kenaikan harga beras dikarenakan naiknya harga Gabah Kering Panen (GKP) di tingkat petani sedangkan harga telur naik dikarenakan permintaan yang tinggi sehingga stok yang ada di peternak berkurang,” ujar Eli.

Selain itu, kata Eli, pihaknya mencatat terjadi mulai meningkatnya kebutuhan menjelang Nataru.

BACA JUGA:   Anggota DPR Sebut Operasi Pasar Tak Efektif Turunkan Harga Beras, Ini Penyebabnya

“Selain peningkatan harga terjadi peningkatan kebutuhan menjelang Nataru, rata-rata antara 0,76 persen hingga 12,72 persen dibanding bulan normal,” jelasnya.

Berdasarkan data info pangan Jakarta, harga beras reguler berkisar Rp9.000-Rp11.000 per kilogram (kg).

Sedangkan beras premium seharga Rp12.496 per kg. Harga telur ayam ras mencapai Rp30.191/kg dan ayam broiler/ras mencapai Rp38.466/ekor.***

BACA JUGA:   Jadwal dan Lokasi Vaksinasi Booster di Terminal dan Stasiun Kereta Api Nataru 2022

 



Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"

Author

  • Lopi Kasim

    Kurang lebih 13 tahun berkecimpung di dunia jurnalistik. Pernah menjadi redaktur di beberapa situs berita online di Jakarta. Kini menjalani aktivitas profesional sebagai redaktur di Konteks.co.id

Berita Lainnya

Muat lagi Loading...Tidak ada lagi