KONTEKS.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai membuka penjualan tiket kereta api (KA) angkutan Lebaran 2024.
PT KAI membuka penjualan tiket KA angkutan Lebaran mulai 15 Februari 2024 (H-45) untuk keberangkatan 31 Maret 2024 atau H-10 Lebaran.
Vice President (VP) Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan calon penumpang dapat membeli tiket mulai hari ini, Kamis 15 Februari 2024.
Pembelian melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta seluruh channel resmi pemesanan tiket KA lainnya.
“Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan,” ujar Joni Martinus.
“Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya,” kata Joni dalam keterangannya.
Pihaknya, kata Joni, akan terus melakukan inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang.
Pembelian Sistem Antrean
Salah satunya, dengan menerapkan sistem antrean, saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.
Sistem antrean ini berlaku pada aplikasi Access by KAI dan web kai.id. Tujuannya, agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan.
Khususnya pada saat-saat peak season, seperti musim Lebaran atau Natal dan Tahun Baru.
Saat peak season, di mana terjadi kepadatan pemesanan tiket, KAI mengarahkan calon penumpang ke sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu.
KAI juga menyarankan calon penumpang untuk tidak menutup window tersebut, agar tetap terhubung dengan sistem.
Selanjutnya, pada saat gilirannya para calon penumpang akan mendapat arahan masuk ke dalam sistem pemesanan.
Hingga dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa. Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan sejak tanggal 1 Februari 2024.
“KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data serta informasi,” ujarnya.
Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121.***
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"