KONTEKS.CO.ID – Perbedaan E-commerce, marketplace dan online shop. Istilah ketiganya saat ini semakin populer seiring dengan perkembangan teknologi yang makin canggih.
Banyak yang menganggap sama, tapi ketiga istilah tersebut ternyata berbeda. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasannya berikut ini.
Beda E-commerce, Marketplace, dan Online Shop
Sebelum mengetahui perbedaan dari E-commerce, marketplace dan online shop, ketahui lebih dahulu apa itu masing-masingnya.
Arti E-commerce
Menurut Investopedia, E-commerce merupakan singkatan dari electronic commerce. Secara umum, E-commerce ini adalah kegiatan transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet dan website.
E-commerce ini terkenal dengan istilah toko online. E-commerce ini hanya menjual produk dari website itu sendiri. Jadi, E-commerce ini adalah sebuah website untuk menjual produk dari pemilik website tersebut.
Pengertian Marketplace
Marketplace adalah penyedia website online yang bertindak menjadi perantara antara penjual dengan pembeli. Jadi, marketplace ini merupakan departement store yang secara online.
Di mana dalam marketplace tersebut banyak penjual dengan berbagai jenis produk dalam satu lokasi yang sama, namun berbasis online.
Online shop ini merupakan bisnis yang hanya fokus melakukan penjualan melalui media sosial seperti Instagram dan Facebook.
Kedua media sosial tersebut, saat ini paling sering untuk berjualan dengan online shop.
Jadi, online shop ini adalah sebuah toko yang ada pada platform online dan online shop ini tidak harus berupa website.
Perbedaan E-commerce, Marketplace dan Online Shop
Berikut ini perbedaan dari ketiganya, yang sudah kita rangkum dari beberapa sumber.
Perbedaan | E-commerce | Marketplace | Online Shop |
Biaya | Mengeluarkan uang untuk di awal saja (sebagai bentuk investasi jangka panjang). | Gratis (kecuali jika ingin menikmati fitur secara premium dari sebuah marketplace). | Gratis (kecuali ada penambahan fitur berbayar sosial media, misalnya pada Instagram Ads dan Facebook Ads). |
Tingkat Kesulitan Pembuatan | Dalam proses pembuatan website cukup mudah dan juga cepat. | Melakukan pendaftaran dan setelahnya bisa langsung digunakan untuk berjualan. | Harus melakukan perubahan akun atau membuat akun bisnis di media sosial yang akan dijadikan sebagai media penjualan. |
Jenis Barang | Lebih cocok untuk barang yang bermerek hingga barang yang sudah memili brand awarness tinggi. | Barang yang lebih umum, misalnya perkakas dan aksesoris yang bisa dibeli dalam jumlah besar. | Barang yang dijula lebih bervariasi (bebas) dan biasanya dalam skala kecil yang ditujukan untuk konsumsi pribadi. |
Promosi | Lebih fleksibel dan bisa mengaturnya sendiri. | Dikendalikan langsung oleh marketplace. | Membutuhkan sedikit usaha dan uang dengan memanfaatkan Ads. |
Persaingan | Saingan yang diterima berasal dari sesama website untuk mendapatkan ranking pertama dalam hasil pencarian. | Memiliki persaingan yang lebih ketat dengan marketplace yang lainnya. | Persaingannya sangat ketat dan persaingan di satu media sosial. |
Baca berita pilihan konteks.co.id lainnya di:
"Google News"